Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
12-07-2020
Destario, Peneliti Diversitas dan Konservasi Anggrek Indonesia

23-06-2020
Kolaborasi Peneliti Kebun Raya Purwodadi dengan Stakeholders Gelar Diseminasi Ilmiah Virtual

04-02-2020
KR. Purwodadi LIPI Bersama PT. POMI-PT. Paiton Energy Kembangkan Biodiversity Garden di Kabupaten Probolinggo

berita lainnya >>



beranda > what's on > kolaborasi peneliti kebun raya purwodadi dengan stakeholders gelar diseminasi ilmiah virtual

Kolaborasi Peneliti Kebun Raya Purwodadi dengan Stakeholders Gelar Diseminasi Ilmiah Virtual


Purwodadi, tiga orang peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi, pada bulan Mei dan Juni 2020 berkesempatan menjadi narasumber dan pembahas dalam kegiatan diseminasi ilmiah yang diselenggarakan secara virtual. Kegiatan ini sebagai upaya untuk terus mengedukasi masyarakat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pandemi.

Dr. Destario Metusala, S.P., M.Sc., peneliti taksonomi dan agronomi menjadi narasumber dalam dua kegiatan diseminasi ilmiah virtual. Jumat (8/5) Beliau menyampaikan materi  ”Relief Tumbuhan Candi Borobudur-Studi Kasus Pada Kisah Lalitavistara” dalam kegiatan diskusi daring berjudul ”Seperti Apa Flora Yang Tumbuh di Masa Nenek Moyang? Belajar dari Relief Candi Borobudur” yang diselenggarakan oleh Balai Konservasi Borobudur. Kamis (18/6) Beliau menyampaikan materi pada kegiatan online talkshow berjudul “Food We Eat From Nature to Plate” dengan materi ”Indonesian Ethnobothany” yang diselenggarakan oleh PT. ITM dalam rangka ITM Environment Week 2020.

Lia Hapsari, S.P., M.Si., peneliti Biologi Pisang (Musaceae), Rabu (17/6) menjadi pembahas 2 dalam webinar bedah buku “INDO-HITS Sumber Daya Genetik Tanaman Buah Subtropika Potensial”,   Webinar diselenggarakan oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balijestro). “Saya mengapresiasi diterbitkannya buku ini. Buku ini merupakan bunga rampai yang ditulis oleh 19 peneliti Balitjestro, yang mengulas 14 jenis buah subtropika potensial dari berbagai aspek hulu hingga hilir dengan bahasa ilmiah populer dan visualisasi yang menarik” jelas Lia. Lebih lanjut, Lia  menyampaikan review secara substansial, editorial, dan memberikan saran untuk foto dan ilustrasi dalam buku tersebut, serta tambahan struktur untuk cetakan/seri berikutnya. Salah seorang peneliti senior KRP, Dr. Ir. Titut Yulistyarini, M.P. turut berperan sebagai editor dari buku tersebut.

Trimanto, S.Pd., M.Si., peneliti  Zingiberaceae, Sabtu (20/6), menjadi narasumber dalam webinar  Botani yang bertema ”Studi Keragaman Flora Indonesia dan Potensi Pemanfaatannya di Tengah Pandemi Covid-19”. Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret sebagai penyelenggara acara. Trimanto yang juga alumnus UNS tersebut menyampaikan materi ”Studi Keragaman dan Taksonomi Zingiberaceae serta Potensinya Sebagai Tanaman Obat di Masa Pandemi Covid-19”. “Saya akan menjelaskan famili Zingiberaceae, mulai dari taksonomi, keragaman dan pemanfaatannya di Indonesia (etnobotani),  potensinya sebagai tanaman obat di masa Pandemi Covid-19” tutur Trimanto mengawali paparan. Selain itu, dibahas pula mengenai peluang kerja sama yang dapat dijalin antara Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Ketiga webinar tersebut merupakan wujud kolaborasi yang dijalin antara LIPI dengan pihak stakeholders (Balai Konservasi dan Badan Litbang di Kementerian serta Universitas), bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh para peneliti kepada masyarakat. Harapannya ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan langsung bagi kehidupan masyarakat luas.  (Humas & Kerjasama Kawasan Purwodadi)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton