Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
16-09-2019
Pimpinan Baru Pacu Kebun Raya Purwodadi Untuk Terus Berprestasi

13-09-2019
Kebun Raya Purwodadi - LIPI Tingkatkan Kompetensi Staf Seksi Eksplorasi & Koleksi Tumbuhan Melalui Pelatihan Eksplorasi dan Identifikasi Tumbuhan

11-09-2019
Kebun Raya Purwodadi Gandeng Pemerintah Daerah Setempat Dalam Promosi Wisata Edukasi

berita lainnya >>



beranda > what's on > pengelola taman kehati kabupaten jombang menimba ilmu dari kebun raya purwodadi

Pengelola Taman Kehati Kabupaten Jombang Menimba Ilmu Dari Kebun Raya Purwodadi


Jombang, Selasa (2/7) mewakili Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – LIPI, Kasie Pelayanan Jasa & Informasi, Syaiful Azhary beserta staf yang membidangi Pendidikan Lingkungan, M. Edi Suroto menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan Tour Guide di Taman Kehati yang berlokasi di Kecamatan Wonosalam.

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari berbagai unsur, yakni : Masyarakat Kehati disekitar lokasi Taman Kehati Kabupaten Jombang, Mahasiswa Universitas Wahid Hasyim, Guru dan Pelajar.

 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut meliputi Penyedia Layanan Ekosistem dan sumber bibit serta pengenalan koleksi tanaman, layanan jasa perkebunrayaan, teori dan praktek pengenalan taksonomi tumbuhan.

 

Taman Kehati Kabupaten Jombang merupakan salah satu kawasan pencadangan sumber daya alam hayati lokal di Jawa Timur dengan luasan sekitar 15 hektar yang memiliki potensi untuk dijadikan salah satu objek ekowisata, di dalamnya terdapat 2.500 individu pohon yang dipelihara sebagai koleksi ilmiah dan merupakan 100 spesies tumbuhan lokal Jawa Timur.

 

Untuk menunjang pengembangan Taman Kehati Jombang menjadi obyek ekowisata, diperlukan pemandu-pemandu yang memiliki kemampuan dalam menyampaikan informasi dan menginterpretasikan berbagai macam koleksi tumbuhan yang terdapat di taman Kehati Jombang kepada para wisatawan yang berkunjung. Itulah yang tujuan utama yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pelatihan tour guide tersebut, ujar Dian, Ketua Panitia.

 

Banyak ilmu dan hal-hal baru yang diperoleh peserta dalam pelatihan tersebut. Mereka menyampaikan bahwa dari pelatihan ini diperoleh ilmu mengenai bagaimana cara mendeskripsikan dan menginterpretasikan tanaman koleksi Taman Kehati Jombang kepada masyarakat yang berkunjung. Pihak pengelola Taman Kehati berharap agar pelatihan ini dapat memberikan modal bagi mereka dalam mengembangkan Taman Kehati Jombang sebagai obyek wisata. (SA/MYA/FRW).




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton