Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
04-10-2019
Diseminasikan Hasil Penelitian, Peneliti LIPI Bedah Buku dan Diskusi

16-09-2019
Pimpinan Baru Pacu Kebun Raya Purwodadi Untuk Terus Berprestasi

13-09-2019
Kebun Raya Purwodadi - LIPI Tingkatkan Kompetensi Staf Seksi Eksplorasi & Koleksi Tumbuhan Melalui Pelatihan Eksplorasi dan Identifikasi Tumbuhan

berita lainnya >>



beranda > what's on > 78 tahun kebun raya purwodadi, semangat meningkatkan mutu layanan dan kepuasan pelanggan

78 Tahun Kebun Raya Purwodadi, Semangat Meningkatkan Mutu Layanan Dan Kepuasan Pelanggan


Perkembangan ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan konservasi tumbuhan secara ex situ di Jawa Timur tidak lepas dari keberadaan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi. Kebun Raya Purwodadi sebagai kebun raya dataran rendah kering yang telah berdiri sejak 30 Januari 1941 tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap pentingnya pelaksanaan konservasi tumbuhan bagi kehidupan. Di usianya yang ke 78, Kebun Raya yang telah memperoleh predikat sebagai Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani terus melakukan pembenahan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya pembenahan infrastruktur di dalam Kebun yang akan menunjang fungsi pelayanan publik tersebut.

Kebun Raya Purwodadi sebagai salah satu laboratorium alam, menjadi referensi sumber belajar bagi kalangan akademisi. Kunjungan ilmiah ke Kebun Raya Purwodadi dari para siswa maupun mahasiswa, sebagai salah satu sarana dalam diseminasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Untuk mendukung peningkatan jumlah pengunjung ke Kebun Raya Purwodadi, telah dilakukan kegiatan promosi terus menerus, salah satu bentuk promosi yang dilakukan bertepatan dengan HUT ke 78 Kebun Raya Purwodadi pada tanggal 30 Januari adalah dengan membagikan stiker Kebun Raya Purwodadi kepada pengunjung.

Selain pembenahan infrastruktur untuk mendukung pelayanan publik, di lingkungan pegawai Kebun Raya Purwodadi juga dilakukan lomba usulan peningkatan mutu dengan tema “Peningkatan Mutu Pelayanan dan Jumlah Kunjungan Pengunjung Ke Kebun Raya Purwodadi”. Lomba dimenangkan oleh 2 usulan terbaik atas nama Destario Metusala dan Rahmat Qurniawan dengan mengusung usulan mengenai peningkatan promosi layanan Kebun Raya Purwodadi kepada masyarakat dan pembenahan infrastruktur untuk meningkatkan mutu layanan.dan kepuasan pelanggan.

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam meningkatkan kualitas layanan di Kebun Raya Purwodadi adalah dengan menjaga integritas Aparatur Sipil Negara sebagai pengelola Kebun Raya Purwodadi yang memiliki tugas melayani masyarakat. Untuk menjamin integritas tersebut, bertepatan dengan peringatan HUT KRP ke 78 pada tanggal 30 Januari 2019 telah dilakukan penandatanganan Pakta Integritas tahun 2019 bagi pejabat administrator dan pengawas serta seluruh pegawai di lingkugan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi. Tak kalah pentingnya, pada tahun ini juga dilakukan pemberian penghargaan bagi 2 orang Karyawan Teladan Kebun Raya Purwodadi yakni Saudara Muslich dan Saudara Sakdullah Mukhtar, Beliau berdua dinilai memiliki etos kerja tinggi dan disiplin serta memiliki semangat yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat dijadikan teladan bagi sivitas Kebun Raya Purwodadi yang lain terutama dalam mengemban tugasnya sehari-hari.

Di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Kebun Raya yang terletak di Jawa Timur ini telah mengkoleksi sebanyak 11.692 spesimen yang di dalamnya termasuk 63 spesimen tumbuhan langka berdasarkan kategori IUCN Red List. Dengan semakin bertambahnya usia, diharapkan Kebun Raya Purwodadi terus mengukir prestasi dan menjalankan tugas fungsinya sebagai kawasan konservasi tumbuhan secara ex situ serta terus memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terwujudnya visi “Menjadi Kebun Raya berkelas dunia di bidang konservasi dan penelitian tumbuhan dataran rendah kering Indonesia, serta layanan jasa dan informasi perkebunrayaan”. Dirgahayu Kebun Raya Purwodadi ke 78 tahun. (MYA/FRW)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton