Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
19-10-2018
Bersama PT. BEK, Kebun Raya Purwodadi Kembangkan Komunitas Konservasi Anggrek di Kalimantan Timur

04-10-2018
Kembangkan Plasma Nutfah Pisang, Pengelola University Farm Universitas Teuku Umar Studi Banding ke Kebun Raya Purwodadi

03-09-2018
Mbak Amik, Pustakawan Terbaik LIPI dari Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > bersama pt. bek, kebun raya purwodadi kembangkan komunitas konservasi anggrek di kalimantan timur

Bersama PT. BEK, Kebun Raya Purwodadi Kembangkan Komunitas Konservasi Anggrek di Kalimantan Timur


Pada Selasa (16/10), PT Bharinto Ekatama (PT. BEK) melalui Divisi Community Development-nya memulai rangkaian acara selama 2 hari di Kebun Raya Purwodadi dan Kota Malang. Kedatangan tim dari PT BEK ini diterima oleh Tim Kerjasama KRP-BEK yang diketuai Sugeng Budiharta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh taksonom anggrek, Destario Metusala.

PT. BEK merupakan perusahaan tambang batu bara yang telah menjalin kerjasama dengan Kebun Raya Purwodadi untuk menjalankan program-program konservasi tumbuhan di Kalimantan Timur. Bagi PT BEK, kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam memulihkan kekayaan hayati yang terdampak oleh kegiatan pertambangan. Salah satu progam yang digalakkan adalah membina tokoh masyarakat yang peduli terhadap konservasi dan kekayaan tumbuhan Indonesia yang semakin terkikis oleh adanya aktivitas-aktivitas industri dan pertambangan.

Beliau adalah Bapak Tomeri, tokoh masyarakat yang datang bersama Rahma Dewi dan rekan-rekan  dari PT. BEK. Tomeri merupakan tokoh masyarakat yang memiliki minat tinggi terhadap konservasi jenis-jenis anggrek Kalimantan. Memanfaatkan ruang terbuka di pekarangan rumahnya, beliau menanam dan merawat puluhan jenis anggrek yang diselamatkan dari hutan konsesi usaha pertambangan di wilayahnya. Sejak tahun 2016, berbagai macam jenis anggrek Kalimantan termasuk anggrek hitam yang endemik Ia rawat  secara swadaya. Rahma Dewi, Ketua tim PT. BEK mengungkapkan, “Tokoh masyarakat yang telah berjasa bagi kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati harus diapresiasi dan terus dibina agar konsisten merawat dan mengembangkan tumbuhan terutama anggrek yang keberadaannya sudah semakin langka di alam.”

Melalui kegiatan ini, para tokoh konservasi mendapatkan pengetahuan tentang konservasi tumbuhan yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi, diskusi dan berbagi pengalaman tentang keanekaragaman jenis anggrek serta cara perawatannya di kebun raya dan nursery anggrek di kota Malang. Sebelumnya, kegiatan kerjasama ini telah berlangsung dengan melakukan identifikasi koleksi anggrek milik Bapak Tomeri dan usaha perawatan koleksi melalui perbaikan sarana dan prasarana koleksi anggrek oleh PT. BEK, pembuatan katalog dan peta koleksi. Diharapkan, koleksi anggrek semakin terawat dan tertata. “Saya ingin koleksi anggrek yang saya miliki dapat tumbuh dengan baik, dapat diperbanyak dan bermanfaat bagi masyarakat di sana”, ungkap Tomeri di sela-sela diskusi yang berlangsung.

Program kerjasama semacam ini perlu terus menerus digalakkan. Kebun Raya Purwodadi sebagai lembaga konservasi eks-situ tumbuhan memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap pelestarian keanekaragaman hayati tumbuhan di Indonesia. Melalui program-program kerjasama semacam ini, diharapkan Kebun Raya dapat memperkuat perannya sebagai pemegang otoritas keilmuan keanekaragaman hayati, yang tidak hanya bermaanfaat bagi stakeholder, namun dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. (Ridesti R.)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton