Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
19-11-2018
Kebun Raya Purwodadi-LIPI dan PT Indo Tambangraya Megah Luncurkan Buku Keanekaragaman Hayati

19-10-2018
Bersama PT. BEK, Kebun Raya Purwodadi Kembangkan Komunitas Konservasi Anggrek di Kalimantan Timur

04-10-2018
Kembangkan Plasma Nutfah Pisang, Pengelola University Farm Universitas Teuku Umar Studi Banding ke Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > kembangkan plasma nutfah pisang, pengelola university farm universitas teuku umar studi banding ke kebun raya purwodadi

Kembangkan Plasma Nutfah Pisang, Pengelola University Farm Universitas Teuku Umar Studi Banding ke Kebun Raya Purwodadi


Jumat (21/9) Kebun Raya Purwodadi mendapat kunjungan kerja dari Wakil Rektor I Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Alfizar, DAA. Kunjungan kerja pertama dari Universitas Teuku Umar ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan koleksi pisang (Musaseae) di Kebun Raya Purwodadi. UTU sedang berproses untuk menggali potensi lokal Aceh melalui pisang. “Aceh memiliki banyak jenis pisang namun belum diidentifikasi lebih jauh, pisang hutan (liar) juga belum dieksplorasi” demikian disampaikan Alfizar pada pertemuan tersebut.

Pertemuan Jumat pagi itu tidak hanya berlangsung di dalam forum diskusi saja namun juga meninjau pengelolaan koleksi pisang di Kebun Raya Purwodadi termasuk penanganan hama dan penyakit tanaman serta pengaturan penyiramannya. Lahan di UTU cenderung basah saat musim hujan bahkan terkadang banjir dan sangat kering pada musim kemarau karena merupakan lahan gambut. Serangan penyakit pisang di UTU masih cenderung rendah namun perlu tindakan preventif. Sejauh ini koleksi pisang UTU masih diambil dari pisang budidaya dan belum merambah pisang hutan.

“Pengumpulan plasma nutfah UTU bisa difokuskan pada wilayah Aceh dan Sumatra karena belum banyak studi tentang pisang wilayah Sumatra”, peneliti pisang Kebun Raya Purwodadi, Lia Hapsari menyampaikan pendapatnya. Kunjungan kerja ini diharapkan akan berlanjut pada perjanjian kerjasama antara dua instansi. Kepala Kebun Raya Purwodadi, Deden Mudiana menyambut baik harapan UTU tersebut. Ke depannya, kedua instansi dapat bekerja bersama dalam bidang pendidikan dan penelitian. (Shofiyatul M.)



Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton