Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
25-07-2018
Kebun Raya Purwodadi LIPI dukung Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2018

24-07-2018
Audit Eksternal ISO 9001:2015 : Kebun Raya Purwodadi Direkomendasikan Mendapatkan Sertifikat Surveillance I

23-07-2018
Cetak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Kebun Raya Purwodadi Jalin Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Mitra Akademis

berita lainnya >>



beranda > what's on > cetak generasi muda peduli lingkungan, kebun raya purwodadi jalin kerjasama dengan dinas pendidikan dan mitra akademis

Cetak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Kebun Raya Purwodadi Jalin Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Mitra Akademis


Bertempat di Ruang Mahoni, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menyepakati dan menandatangani Nota Kesepahaman dengan tiga institusi mitra akademis yaitu Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu, Dinas Pendidikan Kota Malang, dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Karya Putra Bangsa (KPB) Tulungagung. Selain itu, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan 38 sekolah di Kota Malang juga dilakukan pada kesempatan tersebut. Sekolah-sekolah tersebut terdiri dari 16 Sekolah Dasar, 14 Sekolah Menengah Pertama dan 8 Sekolah Menengah Atas/Kejuruan.

 

Dalam sambutannya, Kepala Kebun Raya PurwodadiLIPI, Deden Mudiana, S.Hut. M.Si. menjelaskan fungsi pendidikan merupakan salah satu tugas Kebun Raya, disamping Penelitian, Konservasi, Wisata dan Jasa Lingkungan. Oleh karenanya, Deden mengajak kepada seluruh Kepala Sekolah untuk memanfaatkan Kebun Raya Purwodadi– LIPI dalam mengembangkan program Adiwiyata. Lebih lanjut, Deden menegaskan pentingnya tindak lanjut atas Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama yang telah ditanda tangani tersebut.

 

Drs.Gunawan Wibisono, M.M., selaku Plt. Kepala Cabang Dinas Propinsi Jawa Timur untuk Wilayah Kota Malang dan Kota Batu menyambut baik inisiatif kerja sama ini dan mengajak sekolah-sekolah untuk terus bersama-sama menanamkan pentingnya kelestarian sumberdaya alam, khususnya tumbuhan dan kelestarian lingkungan hidup.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, M.M., menambahkan "Kebun Raya ini adalah sumber ilmu, melalui kerja sama dengan Kebun Raya Purwodadi – LIPI ini harapannya akan semakin meningkatkan prestasi sekolah-sekolah di KotaMalang di bidang Adiwiyata baik di tingkat Propinsi maupun Nasional". Sebagaimana kita ketahui, di akhir tahun 2017 lalu, terdapat 12 sekolah dari kota Malang yang menerima Adiwiyata tingkat Nasional, lanjutnya.

 

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara Kebun Raya Purwodadi – LIPI dengan Dinas Pendidikan Kota Malang dan 38 sekolah di Kota Malang ini merupakan tindak lanjut keseriusan yang sebelumnya telah diawali melalui sertifikat kerjasama yang disepakati dalam puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kota Malang, yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendy dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani pada 12 Mei lalu.

 

Bagi mahasiswa dan sivitas perguruan tinggi kegiatan kerjasama ini sangat penting bagi terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini disampaikan oleh dr. Denok Sri Utami, M.H. selaku Ketua STIKes KPB Tulungagung, dalam sambutannya.

 

Samsudin Saminu, M.Si. selaku Pengawas Sekolah SMK Kota Malang menambahkan terkait berbagai upaya koordinasi dan tindak lanjut dari kerjasama ini termasuk inisiatif memanfaatkan bus sekolah milik Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai sarana transportasi anak sekolah untuk berwisata pendidikan lingkungan ke Kebun Raya Purwodadi– LIPI, dan akan menggunakan modul-modul Good Education Programme (GE Pro) sebagai bahan pembelajaran yang mendukung penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan. Sebagai penutup, Samsudin membacakan sebuah pantun berikut :

 

Bunga melati disukai AREMA,

Dipetik pengharum hari fitri.

Sungguh senang kami bisa kerjasama,

Ngangsu ilmu di Kebun Raya Purwodadi.

 

Telur ayam mahal lebih mahal telur angsa,

Angsa terbang kejar menjangan

Kami didik anak anak bangsa,

Pendidikan karakter peduli lingkungan

 

Setelah acara penandatanganan selesai, para undangan beramah tamah dan melakukan Garden Tour berkeliling kebun dengan dipandu oleh Tim Pemandu dari Unit Pelayanan Jasa dan Pendidikan Lingkungan, Kebun Raya Purwodadi - LIPI.




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton