Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
19-10-2018
Bersama PT. BEK, Kebun Raya Purwodadi Kembangkan Komunitas Konservasi Anggrek di Kalimantan Timur

04-10-2018
Kembangkan Plasma Nutfah Pisang, Pengelola University Farm Universitas Teuku Umar Studi Banding ke Kebun Raya Purwodadi

03-09-2018
Mbak Amik, Pustakawan Terbaik LIPI dari Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > kepala lipi sambut kunjungan komisi vii dpr ri di kebun raya purwodadi

Kepala LIPI Sambut Kunjungan Komisi VII DPR RI di Kebun Raya Purwodadi


Konservasi ex situ tumbuhan merupakan langkah penting dalam pelestarian keanekaragaman hayati. Kebun Raya Purwodadi sebagai salah satu lembaga dibawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi salah satu ujung tombak konservasi tumbuhan. Dalam pengembangan Kebun Raya Daerah, terdapat beberapa Kebun Raya yang mendapat pendampingan oleh Kebun Raya Purwodadi, antara lain Kebun Raya Pucak, Kebun Raya Baturaden dan beberapa Kebun Raya Daerah lainnya. "Kami mengapresiasi langkah yang ditempuh Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya LIPI umumnya, dalam mendukung keberadaan Kebun Raya di setiap kabupaten di tanah air." ujar Irwan Nisyam, selaku Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke Kebun Raya Purwodadi (6/7).

Kunjungan Komis VII DPR RI kali ini dalam rangka mendapatkan informasi terbaru seputar sumber daya hayati tumbuhan dari daerah dataran rendah kering. Disamping itu, tim yang terdiri dari 7 anggota Komisi VII DPR RI ini untuk mengetahui perkembangan riset dasar dan riset aplikasi dari tanaman Dioscorea dan Musaceae yang kemudian akan digagas kemungkinan pengembangannya dalam skala komersial melalui kerjasama dengan swasta.

Kunjungan Komisi VII DPR RI yang berlangsung mulai pukul 10.15 WIB ini dihadiri pula oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dan jajarannya, termasuk Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko.

"Disamping riset, kami memasukkan unsur inovasi ke berbagai satuan kerja LIPI untuk meningkatkan pengembangan hasil riset." tegas Handoko. Pada berbagai kesempatan LIPI telah mengajak masyarakat industri untuk banyak menerapkan inovasi berbasis penelitian ilmiah guna membangun daya saing industri nasional.

Kunjungan ini juga disambut dengan pemaparan oleh Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI, Deden Mudiana. Deden mempresentasikan kegiatan penelitian yang dilakukan di Kebun Raya Purwodadi termasuk tentang Dioscorea (uwi)  dan Musaceae (pisang).




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton