Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
03-09-2018
Mbak Amik, Pustakawan Terbaik LIPI dari Kebun Raya Purwodadi

23-08-2018
Mengenal Lebih Dekat Flora Masyarakat Jawa Kuno Melalui Relief Candi Borobudur

25-07-2018
Kebun Raya Purwodadi LIPI dukung Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2018

berita lainnya >>



beranda > what's on > peringati hari bumi, kebun raya purwodadi dan pt indo tambangraya megah berkomitmen melestarikan biodiversitas tumbuhan di area tambang

Peringati Hari Bumi, Kebun Raya Purwodadi dan PT Indo Tambangraya Megah berkomitmen melestarikan biodiversitas tumbuhan di area tambang


Sektor Pertambangan memegang peranan penting dalam kontribusinya terhadap ekonomi Indonesia dengan menyumbang 10% Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Namun, pengelolaan pertambangan harus dilakukan secara hati-hati, taat azas, dan berorientasi pada meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan mitigasi dampak lingkungan kegiatan pertambangan belum mencukupi untuk dijadikan acuan dalam manajemen praktis. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk menambah khazanah ilmu dan pengetahuan yang mendukung mitigasi dampak lingkungan kegiatan pertambangan.

LIPI melalui Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi (KRP) menyambut baik kepedulian PT Indo Tambangraya Megah, Tbk (PT ITM) terhadap upaya pelestarian diversitas tumbuhan dan perbaikan lingkungan area pertambangan batubara di Kalimantan Timur.  Sebagai wujud komitmen dalam upaya mitigasi dampak lingkungan kegiatan pertambangan, dan dalam nuansa peringatan “Hari Bumi”, kedua belah pihak telah melakukan penandatanganan piagam kerjasama pada hari Kamis, tanggal 26 April 2018, bertempat di KRP. Dari pihak PT ITM diwakili oleh Ignatius Wurwanto selaku direktur Sustainability and Risk Management, dan dari pihak KRP diwakili oleh Kepala, Deden Mudiana, S.Hut., M.Si. Sebagai bentuk dari upaya konservasi tumbuhan secara ex-situ, dalam acara tersebut juga dilakukan penanaman tanaman koleksi yang berasal dari area tambang PT ITM di KRP oleh Kepala dan Kasie Eksplorasi dan Koleksi Tumbuhan KRP bersama Jajaran direksi PT ITM.

Dalam sambutannya Ignatius Wurwanto menyampaikan bahwa PT ITM sangat memberikan perhatian terkait konsep keanekaragaman hayati dalam upaya memperbaiki lingkungan pertambangan, lebih dari kepatuhan yang diwajibkan. Dikarenakan PT ITM tidak memiliki kompetensi terkait hal tersebut, maka perlu bekerjasama dengan menggandeng KRP. Harapannya kerjasama dapat terus berlanjut demi berhasilnya perbaikan lingkungan pertambangan untuk generasi mendatang.

Sugeng Budiharta, PhD. sebagai penanggung jawab kegiatan kerjasama ini mengungkapkan bahwa dalam upaya mitigasi dampak lingkungan kegiatan pertambangan, KRP dapat berperan pada dua titik yaitu pada saat sebelum land clearing dan top soil removal (pra tambang) dan setelah penambangan selesai melalui revegetasi dan reklamasi lahan (paska tambang), melalui kerja sama teknis dan ilmiah.

Sejak diinisiasi pada tahun 2010, ruang lingkup dari kerjasama antara KRP dan PT ITM meliputi: eksplorasi dan koleksi tumbuhan pada lahan pra tambang; studi ekologi kawasan reklamasi paska tambang; monitoring dan evaluasi area konservasi dan kawasan reklamasi paska tambang. Selain kegiatan penelitian dan upaya teknis konservasi, kerjasama ini juga mencakup lingkup pemberdayaan masyarakat berbasis konservasi melalui program peningkatan wawasan dan kapasitas konservasi bagi masyarakat di sekitar area pertambangan. Dari kegiatan kerjasama ini dihasilkan spesimen tumbuhan untuk dikoleksi secara ex-situ di KRP, bibit tumbuhan lokal untuk pengkayaan di kawasan reklamasi dan konservasi, publikasi ilmiah dan populer serta diseminasi tentang pelestarian diversitas tumbuhan dan perbaikan lingkungan kegiatan pertambangan.

Hingga tahun 2018, total material tumbuhan yang telah diperoleh dari kegiatan kerjasama ini sebanyak 1646 nomor. Sejumlah 149 nomor berhasil beradaptasi dan telah ditanam di KRP sebagai tanaman koleksi, dimana 6 spesies diantaranya termasuk dalam kategori IUCN Red List. Jumlah tanaman koleksi yang diperoleh dari kerjasama ini telah menyumbang sebanyak 2,5% dari total koleksi tanaman KRP.

Lebih lanjut Sugeng Budiharta menambahkan, “Bahwasanya kegiatan sektor pertambangan harus memperhatikan kelestarian keanekaragaman hayati demi tercapainya pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan (Sustainable Development Goals No. 15: Protect, restore and promote sustainable use of terrestrial ecosystems, sustainably manage forests, combat desertification, and halt and reverse land degradation and halt biodiversity loss”.

(Tim Website) 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton