Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
03-09-2018
Mbak Amik, Pustakawan Terbaik LIPI dari Kebun Raya Purwodadi

23-08-2018
Mengenal Lebih Dekat Flora Masyarakat Jawa Kuno Melalui Relief Candi Borobudur

25-07-2018
Kebun Raya Purwodadi LIPI dukung Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2018

berita lainnya >>



beranda > what's on > koleksi baru, jenis unik dan endemik dari sulawesi : alpinia melichroa (k. schum) k. schum.

Koleksi Baru, Jenis Unik dan Endemik dari Sulawesi : Alpinia melichroa (K. Schum) K. Schum.


Zingiberaceae atau temu-temuan sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama. Pemanfaatannya pun beragam dari bumbu masak, pewangi, aroma terapi dan bahan obat. Zingiberaceae banyak ditemukan di daerah beriklim tropis khususnya Asia Tenggara. Marga Alpinia merupakan  marga terbesar dari suku Zingiberaceae yang terdiri dari 230 jenis di alam. Salah satu jenis koleksi Alpinia di Kebun Raya Purwodadi yang saat ini telah berbunga adalah Alpinia melichroa. Jenis ini dikoleksi dari Lamedai Sulawesi Tenggara pada tahun 2009 dengan nama Alpinia sp.. Saat itu, koleksi ini masih bernama Alpinia sp. Dan setelah identifikasi lebih lanjut diketahui bahwa jenis tersebut adalah Alpinia melichroa. Trimanto, peneliti Zingiberaceae Kebun Raya Purwodadi LIPI menyebutkan kunci identifikasi jenis ini terletak pada bunga, dan membutuhkan waktu lama untuk menjumpai bunga dari Alpinia ini.

Alpinia melichroa merupakan jenis tumbuhan endemik dari Sulawesi. Sebarannya mencakup Sulawesi Tenggara dan Pulau Buton. Tumbuhan tersebut unik karena pada umumnya genus Alpinia mempunyai perbuangan yang terminal (di atas atau pada ujung leafy shoots), sementara perbungaan Alpinia melichroa menempel pada rhizome atau berada pada basal (di bawah) dekat dengan permukaan tanah. Karakter lain dari tumbuhan ini adalah memiliki tinggi antara 1-2 m, jumlah daun 5-9 buah, bentuk daun bulat telur, oval hingga lonjong dengan warna daun muda kemerahan dan bercak-bercak merah tua. Bunga memiliki bibir (labellum) dengan warna bunga kuning pucat dan kuning pada bagian tengah dengan garis merah.

Alpinia melichroa merupakan tumbuhan langka berdasarkan penelitian terbaru. Di habitat aslinya jenis ini sangat rentan terhadap ancaman aktifitas manusia karena berada di sekitar area konversi  perkebunan dan pertanian. Jenis tersebut di Buton dikenal dengan nama lokal Susua. Jenis tumbuhan dari keluargaa Zingiberaceae pada umumnya berpotensi obat. Begitu pula dengan jenis Alpinia melichroa. Rimpangnya dapat dimanfaatkan sebagai teh dan memiliki potensi sebagai anti infeksi (Trimanto-peneliti dan kurator koleksi Zingiberaceae).

 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton