Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
09-02-2018
Benchmarking Kebun Raya Cibodas ke Kebun Raya Purwodadi terkait pembangunan Zona Integritas & ISO 9001:2015

02-02-2018
Ulang Tahun Ke 77 Kebun Raya Purwodadi, Titik Awal Meningkatkan Prestasi

24-01-2018
Kebun Raya Purwodadi Tawarkan Lokasi Gathering Bernuansa Alam

berita lainnya >>



beranda > what's on > benchmarking kebun raya cibodas ke kebun raya purwodadi terkait pembangunan zona integritas & iso 9001:2015

Benchmarking Kebun Raya Cibodas ke Kebun Raya Purwodadi terkait pembangunan Zona Integritas & ISO 9001:2015


 

Ada yang spesial pada kegiatan rutin apel pagi di BKT Kebun Raya Purwodadi hari Senin yang lalu (5/2). Bapak Dr. R. Hendrian, M.Sc., kepala BKT Kebun Raya Purwodadi periode 2012 - 2017 hadir ditengah-tengah karyawan Kebun Raya Purwodadi. Kedekatan emosional karyawan Kebun Raya Purwodadi memberikan suasana hangat menyambut kembali beliau setelah beliau ditugaskan menjabat sebagai kepala Kebun Raya Cibodas pada akhir 2017. Maksud kedatangan beliau adalah melakukan “benchmarking” pembangunan Zona Integritas/ZI dan penerapan ISO 9001:2015 kepada Kebun Raya Purwodadi.

Turut hadir bersama beliau, 4 orang staf Kebun Raya Cibodas yaitu Fitri Kurniwati, M.I.L selaku wakil manajer ISO 9001:2015, Muhammad Imam Surya, Ph.D selaku ketua tim ZI dan Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi Tumbuhan, Dian Ridwan Nurdiana, M.Si selaku anggota tim ZI dan Koordinator Pelayanan Jasa, dan Puspita Rokhmawati, S.E selaku Anggota tim ZI dan Koordinator Kepegawaian. 

“Benchmarking” adalah suatu proses yang biasa digunakan dalam manajemen atau umumnya manajemen strategis, dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal. Dari hasil "benchmarking", suatu organisasi dapat memperoleh gambaran dalam (insight) mengenai kondisi kinerja organisasi sehingga dapat mengadopsi praktik terbaik (best practice) untuk meraih sasaran yang diinginkan.

Dalam sambutannya, Bapak Hendrian menyampaikan bahwa Kebun Raya Cibodas perlu banyak belajar dari Kebun Raya Purwodadi sebagai salah satu satker LIPI yang telah berhasil membangun Zona Integritas hingga memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi/WBK (2016) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani/WBBM (2017) serta mampu menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001:2015 dalam setiap aktivitas kesehariannya. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa hubungan antar Balai Konservasi Tumbuhan baik itu Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali harus terus dijaga dan saling mendukung untuk kemajuan bersama. 

“Benchmarking” berlangsung selama 2 hari dengan agenda yang padat dan cermat. Kegiatan meliputi presentasi dan bedah Lembar Kerja Evaluasi/LKE, penelusuran dokumen, peninjauan ke unit-unit terkait hingga berkeliling kebun. 

Ibu Nina Dwi Yulia, M.Si selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKT Kebun Raya Purwodadi mewakili pimpinan menyampaikan semoga hasil dari sharing ilmu dan pengalaman ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan berharap agar Kebun Raya Cibodas terus bersemangat dalam melakukan pembangunan Zona Integritas dan menerapkan ISO 9001:2015 (Syaiful Azhary/Editor: Lia Hapsari & Febrina A. Siahaan).

 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton