Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
09-02-2018
Benchmarking Kebun Raya Cibodas ke Kebun Raya Purwodadi terkait pembangunan Zona Integritas & ISO 9001:2015

02-02-2018
Ulang Tahun Ke 77 Kebun Raya Purwodadi, Titik Awal Meningkatkan Prestasi

24-01-2018
Kebun Raya Purwodadi Tawarkan Lokasi Gathering Bernuansa Alam

berita lainnya >>



beranda > what's on > kebun raya purwodadi tawarkan lokasi gathering bernuansa alam

Kebun Raya Purwodadi Tawarkan Lokasi Gathering Bernuansa Alam


Acara gathering saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi keluarga besar, komunitas, perusahaan maupun instansi. Acara biasanya diselenggarakan pada satu lokasi baik di dalam maupun luar ruangan dengan tema yang telah disepakati dan dikemas secara menarik untuk rekreasi atau hiburan. Kegiatan semacam ini dinilai dapat menjalin tali silaturahmi, membangun keakraban dan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang erat antara perusahaan dengan karyawannya, antar karyawan dan segenap anggota keluarganya.

Dengan tujuan sebagai penyegaran dari rutinitas keseharian, konsep gathering di luar ruangan dengan nuansa alam sangatlah cocok. Oleh karena itu, saat ini berbagai tempat wisata yang menawarkan fasilitas lokasi untuk gathering seperti pegunungan, taman dan tempat-tempat bernuansa hutan tropis yang segar menjadi sangat digemari.

Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu tempat wisata alam di Jawa Timur yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Selain menjadi tempat tujuan rekreasi keluarga dan pendidikan, Kebun Raya Purwodadi juga menjadi tempat yang menarik untuk melakukan kegiatan gathering, karena keindahan panorama dan kesegaran udaranya akan menyediakan ruang khusus untuk penyegaran dari rutinitas keseharian bekerja.

Kebun Raya Purwodadi menyediakan beberapa lokasi outdoor yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berbagai tujuan antara lain untuk acara keluarga, gathering, seminar, pameran, outbond, perkemahan, wedding, dll. yaitu Lawn Kawisto, Lawn Majapahit, Lawn Trembesi dan Lawn Bungur. Ke-empat lokasi tersebut merupakan lokasi terbuka yang cukup luas dengan hamparan rumput yang hijau sehingga menambah kesejukan. Lawn Kawisto merupakan lokasi yang paling mudah dijangkau dari gerbang utama dan sangat cocok untuk kegiatan gathering dengan kapasitas sedang. Untuk kapasitas yang lebih besar, pengunjung dapat memanfaatkan Lawn Majapahit yang berada di tengah kebun. Lokasi Lawn Trembesi memiliki kapasitas kecil namun teduh karena pohon trembesi besar menaungi lokasi ini. Sedangkan Lawn Bungur memiliki kapasitas sedang yang menawarkan lokasi bertapak datar dengan pemandangan pohon Bungur di sekelilingnya.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada publik, Kebun Raya Purwodadi melalui inovasinya yang dikemas dalam tajuk LENTERA (Layanan Online Terpadu), pelanggan dapat memperoleh informasi dan melakukan pemesanan atau reservasi sewa lokasi dan berbagai layanan lainnya secara online. Pelayanan reservasi secara online via  LENTERA dapat diakses melalui menu pelayanan pada website resmi Kebun Raya Purwodadi  (http://krpurwodadi.lipi.go.id/reservasi/ver2/).

Fasilitas dan berbagai kemudahan ini disambut baik oleh anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Rejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan yang pada hari Minggu pagi (14/1), melakukan acara gathering sekaligus penutupan arisan periode ke XI dan pembukaan arisan periode ke XII di Kebun Raya Purwodadi. Bertempat di Lawn Majapahit, sekitar 4000 orang memadati lokasi yang terdiri atas para anggota beserta seluruh keluarga, mulai dari orang tua hingga anak-anak.

Ibu Mundjiatun selaku bendahara KUD Sumber Rejo menyampaikan bahwa acara gathering ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, acara dilakukan di Kebun Raya Purwodadi dengan pertimbangan letak yang strategis dan peserta kegiatan dapat sambil berekreasi menikmati keindahan dan kesejukan alamnya. Dalam cuaca yang cerah acara berjalan meriah dan tampak panitia membagikan beberapa door prize untuk peserta kegiatan.

Keselamatan dan keamanan juga menjadi prioritas dalam pelayanan publik di Kebun Raya Purwodadi. Untuk mengantisipasi kegiatan yang padat pengunjung semacam ini, Kebun Raya Purwodadi telah berkoordinasi dan mendapatkan bantuan dari kepolisian setempat untuk membantu kelancaran lalu lintas di area jalan Surabaya-Malang di sekitar lokasi. Hal ini mengingat akan banyaknya peserta kegiatan yang membawa kendaraan baik roda 2 dan roda 4 yang datang dalam waktu hampir bersamaan. Selain itu, Kebun Raya Purwodadi juga melakukan beberapa tindakan antisipasi lain agar koleksi tanaman tidak rusak oleh banyaknya pengunjung. Pengunjung diarahkan untuk menempati lokasi yang aman dalam berkegiatan. Petugas layanan publik juga terus berkoordinasi dengan instansi Muspika setempat untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi pengunjung.

 

Semoga Kebun Raya Purwodadi dapat terus memberikan layanan terbaik untuk masyarakat (Syaiful Azhary, Editor: Siti Nurfadilah, Ridesti Rindyastuti & Lia Hapsari).




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton