Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
08-12-2017
Tingkatkan Pelayanan Publik, Kebun Raya Purwodadi selenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima yang kedua

30-11-2017
Jenis Tumbuhan Asing Invasive Ditemukan di Cagar Alam Pulau Sempu, Peneliti Kebun Raya Purwodadi Berikan Rekomendasi Kebijakan Pengelolaan

27-11-2017
Acara Lepas Sambut Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI

berita lainnya >>



beranda > what's on > meningkatkan kualitas koleksi tumbuhan, 4 jenis diospyros spp. (ebenaceae) asal kalimantan berhasil diidentifikasi

Meningkatkan kualitas koleksi tumbuhan, 4 jenis Diospyros spp. (Ebenaceae) asal Kalimantan berhasil diidentifikasi


Diospyros atau sering dikenal sebagai kayu hitam atau kayu arang merupakan salah satu marga tumbuhan yang termasuk ke dalam suku Ebenaceae. Kelompok tumbuhan ini mencakup jenis-jenis kayu hitam yang menjadi komoditas kayu penting dan berkualitas di Indonesia seperti D. celebica. Marga ini memiliki ciri kelopak bunga tetap ada selama perkembangan buah, dengan bunga berbentuk tabung atau pipa danbuah berdaging yang tidak pecah mengeluarkan biji ketika matang (indehiscent). Diospyros merupakan satu-satunya marga dari suku Ebenaceae yang dapat dijumpai di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Lebih dari 500 jenis dari marga ini tersebar di wilayah beriklim tropis hingga sub tropis, mulai dari area pantai sampai dengan sub montane atau pegunungan.

Dengan berbagai perkembangan yang ada, Kebun Raya Purwodadi sebagai lembaga konservasi ex-situ terus-menerus berusaha memperbaiki kualitas koleksi tumbuhan termasuk koleksi Diospyros spp. beserta identitas taksonominya. Sampai dengan tahun 2017, Kebun Raya Purwodadi telah mengoleksi Diospyros yang terdiri dari 106 nomor koleksi, yang termasuk ke dalam 21 jenis, termasuk 42 nomor koleksi yang masih belum teridentifikasi. “Sekitar 70 % koleksi yang belum teridentifikasi merupakan koleksi dari Kalimantan, dimana Kalimantan merupakan pusat keragaman Diospyros di Indonesia” ungkap peneliti Diospyros, Ridesti Rindyastuti.

Melalui kegiatan penelitian dan identifikasi tumbuhan, 4 jenis Diospyros koleksi Kebun Raya Purwodadi berhasil diidentifikasi. Keempat jenis tersebut adalah Diospyros perfida, D. ellipticifolia, D. diepenhorstii dan D. pilosanthera var. polyalthioides, yang salah satu diantaranya (Diospyros perfida) merupakan jenis endemik Kalimantan. Diospyros perfida merupakan jenis yang unik karena memiliki kelopak buah berkayu, berbentuk seperti mangkuk yang menutup seluruh permukaan buah saat masih muda dan mengecil seiring perkembangan buah. Diospyros ellipticifolia atau yang dahulu disebut sebagai Maba elliptica merupakan kelompok Diospyros berhabitus pohon kecil yang tersebar luas di area tropis dan subtropis. Jenis ini memiliki daun berbentuk ellips dan berukuran relatif kecil. Diospyros diepenhorstii sangat mudah dikenali dari ciri daunnya. Ukuran daun yang besar mencapai panjang 50 cm dengan pertulangan daun menonjol dan permukaan mengkilat menjadi ciri khas jenis yang satu ini. “Berbeda dengan dua jenis lainnya yang dapat diidentifikasi dari ciri organ generatifnya, D. diepenhorstii dapat dengan mudah dikenali dari ciri vegetatifnya seperti cabang, kulit batang dan daunnya.” tambah Ridesti. Jenis D. pilosanthera merupakan jenis yang memiliki keragaman karakter cukup tinggi dan distribusi yang luas. Banyaknya variasi karakter di bawah jenis menyebabkan jenis ini dibagi ke dalam beberapa varietas. Diospyros pilosanthera koleksi Kebun Raya Purwodadi ini memiliki kelopak buah bergelombang dan digolongkan ke dalam varietas polyalthioides.

Dengan dikenalinya koleksi Diospyros sampai tingkat jenis, maka jenis Diospyros yang dikonservasi oleh Kebun Raya Purwodadi kini tercatat 25 jenis. Diharapkan, jenis-jenis tumbuhan yang berhasil diselamatkan dan dikenali identitasnya dapat dikembangkan dan dimanfaatkan potensinya di masa yang akan datang (Salam Konservasi). (Tim Web KRP).




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton