Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Polsek Purwodadi Amankan TKP Longsor Bahu Jalan Penghubung Surabaya - Malang Yang Berakibat Tumbangnya Pohon Di Area Parkir Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Release tentang Robohnya Tembok/Pagar Pembatas di Sisi Barat Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > tingkatkan pelayanan publik, kebun raya purwodadi selenggarakan pelatihan budaya pelayanan prima

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kebun Raya Purwodadi selenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima


 

Peningkatan fungsi pelayanan publik telah menjadi komitmen Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI) dalam upaya untuk memberikan layanan prima dan mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Oleh karena itu, untuk mendukung komitmen tersebut, BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI selenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima (12/9). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama yang langsung melayani pelanggan baik internal dan eksternal. Hadir dalam pelatihan yaitu para staf di bawah Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi dan Sub Bagian Tata Usaha; diantaranya yang bertugas di loket, tenaga keamanan, layanan informasi, promosi dan kerjasama, serta tenaga pengemudi.

Dalam sambutannya, plh. Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi LIPI, Deden Mudiana, M.Si.,  berharap supaya para peserta dapat menyerap dan menerapkan ilmu yang didapat dari kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima ini dengan maksimal, agar kualitas dalam pelayanan menjadi semakin baik sehingga kepuasan pelanggan juga akan meningkat.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini yaitu seorang pakar komunikasi, Maulina Pia Wulandari, PhD. dari Universitas Brawijaya. Mengawali pemaparannya, pembicara yang sehari-hari dipanggil "Bu Pia" ini menekankan bahwa pelayanan prima adalah perilaku atau attitude. Menurutnya, perilaku yang  baik adalah kunci utama dari pelayanan prima.

Pelatihan ini menjadi sangat menarik, karena di samping mendapatkan dasar dan prinsip layanan prima, para peserta juga diajak berdiskusi dan praktik secara langsung. Para peserta diminta untuk dapat membedakan antara pelayanan yang baik dan pelayanan yang buruk. Komunikasi yang efektif, mengatur bahasa tubuh, pengaturan suara, hingga mengatur penampilan menjadi sorotan pembicara.

Pelatihan ini juga menyinggung tentang pengemasan informasi yang menarik untuk pelayanan prima melalui media massa dan sosial media. Selain itu, para peserta juga mendapatkan materi dan contoh seputar kecakapan dalam melayani pelanggan di lapangan, diantaranya yaitu dalam pelayanan penjualan tiket, parkir, pemanduan dan komunikasi melalui telepon.

Sebagai penutup, Dr. Titut Yulistyarini, selaku Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi berpesan kepada para peserta agar dapat mempraktekkan teknik pelayanan prima yang disampaikan oleh narasumber dalam tugas sehari-harinya secara tepat dan proporsional. (Sanusi, Editor: Janis Damaiyani, Lia Hapsari).




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton