Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Polsek Purwodadi Amankan TKP Longsor Bahu Jalan Penghubung Surabaya - Malang Yang Berakibat Tumbangnya Pohon Di Area Parkir Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Release tentang Robohnya Tembok/Pagar Pembatas di Sisi Barat Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > meriahkan 2 abad kebun raya bogor, kebun raya purwodadi ikuti rangkaian acara perayaan

MERIAHKAN 2 ABAD KEBUN RAYA BOGOR, KEBUN RAYA PURWODADI IKUTI RANGKAIAN ACARA PERAYAAN


          Tahun ini merupakan tahun bersejarah bagi PKT Kebun Raya-LIPI, karena pada tahun ini PKT Kebun Raya-LIPI berusia 200 tahun. Didirikan oleh Caspar Georg Karl Reinwardt pada taggal 18 Mei 1817, PKT Kebun Raya-LIPI merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara dan menjadi pusat konservasi tumbuhan di Indonesia dengan 3 cabang yaitu Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Banyak peran dan kiprah yang dilakukan oleh PKT Kebun Raya-LIPI untuk pengembangan ilmu pengetahuan, konservasi, dan pemanfaatan ­tumbuhan untuk kesejahteraan manusia. Sejarah mencatat ditemukannya auksin (hormon tumbuhan), simbiosis anggrek dan jamur (mikoriza anggrek) di PKT Kebun Raya-LIPI, penelitian untuk pemanfaatan tanaman yang sekarang ini menjadi komoditas penting dunia, seperti kelapa sawit, coklat, teh, kopi, dan karet juga dilakukan di KR Bogor, serta perintisan pembangunan KR daerah di seluruh provinsi di Indonesia untuk konservasi tumbuhan secara terintegrasi dilakukan oleh PKT Kebun Raya-LIPI.

Perayaan ke-200 tahunKebun Raya Bogor mengambil tema Plant and People in Harmony sebagai pengingat tentang pentingnya peran tumbuhan bagi kehidupan umat manusia. Serangkaian kegiatan diselenggarakan oleh PKT Kebun Raya-LIPIdalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-200. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi lomba olahraga antar kontingen kebun raya (13-17 Mei), Perayaan 200 tahun PKT Kebun Raya-LIPI dan Peluncuran Perangko 200 tahun PKT Kebun Raya-LIPI. (18 Mei), International Conference on Tropical Plant Conservation and Utilization (18-20 Mei), Pameran Perkebunrayaan (18-21 Mei), Pendidikan Lingkungan (19-21 Mei), dan Lomba Lari “KRB 200K Run”. Sejumlah perwakilan dari Kebun Raya dari negara lain seperti Australia, Edinburgh, Jepang, China, juga menghadiri perayaan 200 tahun PKT Kebun Raya-LIPI.

Kebun Raya Purwodadi berpartisipasi aktif dalam perayaan 200 tahun PKT Kebun Raya-LIPI. Hampir setengah dari total seluruh staf KR Purwodadi, sekitar 74 orang dikirim ke PKT Kebun Raya-LIPI dalam rangka memeriahkan serangkaian kegiatan perayaan 200 tahun PKT Kebun Raya-LIPI, yaitu mengikuti lomba olahraga (sepak bola, volley, tenis meja, badminton, dan catur), presentasi hasil penelitian di International Conference on Tropical Plant Conservation and Utilization, dan diseminasi kegiatan Kebun Raya Purwodadi melalui pameran, serta menghadiri puncak perayaan 200 tahun PKT Kebun Raya-LIPI. Puncak perayaan 200 tahun Kebun Raya Bogor pada tanggal 18-21 Mei 2017 diisi dengan kegiatan pameran dan pergelaran seni. Pameran dibuka oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia, Megawati Soekarno Putri. Pameran yang ditujukan untuk masyarakat umum ini diisi oleh 80 stand pameran, tidak hanya dari instansi pemerintahan tetapi juga dari komunitas-komunitas pencinta alam. Dalam kegiatan pameran, Kebun Raya Purwodadi menampilkan profil dan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan juga jenis-jenis baru yang telah ditemukan hingga tahun 2017. produk hasil penelitian di bidang ketahanan pangan yang ditampilkan oleh Kebun Raya Purwodadi diantaranya berupa tepung dari olahan uwi (Dioscorea alata) yang memiliki kadar karbohidrat yang rendah juga spesimen umbi uwi segar untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. Salah satu spot unik di stand pameran Kebun Raya Purwodadi yang banyak dikunjungi oleh pengunjung adalah  papan display biji berupa rangkaian kurang lebih 58.000 biji yang disusun mengikuti pola batik yang dipajang disisi kanan stand.

            Melalui pameran ini Kebun Raya Purwodadi berusaha memperkenalkan akan pentingnya konservasi tumbuhan, tanaman lokal yang dapat digunakan untuk produk pangan dan peran Kebun Raya sebagai benteng konservasi di Indonesia. (Febrina AS dan Siti Nurfadilah)





Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton