Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Polsek Purwodadi Amankan TKP Longsor Bahu Jalan Penghubung Surabaya - Malang Yang Berakibat Tumbangnya Pohon Di Area Parkir Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Release tentang Robohnya Tembok/Pagar Pembatas di Sisi Barat Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > partisipasi aktif kebun raya purwodadi dalam regional seed conservation technique course

Partisipasi Aktif Kebun Raya Purwodadi dalam Regional Seed Conservation Technique Course


Kepala Kebun Raya Purwodadi (KRP), Dr. R. Hendrian bersama dengan 2 staf peneliti KRP: Agung Sri Darmayanti, MSi dan Esti Endah Ariyanti,M.Sc. menghadiri “Regional Seed Conservation Technique Course” (RSCTC). Pelatihan pengelolaan Bank Biji bertaraf Internasional ini terselenggara atas kerjasama antara Royal Botanic Garden, Kew dengan PKT Kebun Raya Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan di Kebun Raya Cibodas dari tanggal 25 April - 29 April.

Rangkaian kegiatan RSCTC ini diawali dengan diskusi penjajakan kerjasama oleh empat orang staff Millenium Seed Bank (MSB) Royal Botanic Gardens Kew, Inggris (Dr. Kate Hardwick, Alexandra Davey, Naomy Carvey, dan Roberta Hope), Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati, Prof. Enny Sudarmonowati beserta perwakilan dari 4 Kebun Raya yaitu Dr R.Hendrian (Kebun Raya Purwodadi), Agus Suhatman,M.Sc. (Kebun Raya Cibodas), Dr. Wawan Sujarwo (Kebun Raya Eka Karya), dan Dr. Dian Latifah (Kebun Raya Bogor). .

Dalam sambutan pembukaannya, Prof. Enny Sudarmonowati menegaskan bahwa kerjasama pengembangan biji ini merupakan bentuk komitmen LIPI untuk mewujudkan bank biji yang berkelas dunia. Lebih lanjut, Prof. Enny menyampaikan LIPI mempunyai tugas penting melakukan konservasi atau penyelamatan terhadap tumbuhan di Indonesia, yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Salah satu bentuk usaha ini adalah kerjasama dengan Royal Botanic Garden Kew dalam proyek Millenium Seed Bank. Beliau menyampaikan pesan dan harapan kepada seluruh peserta RSCTC agar fokus dan dapat mengambil manfaat dari pelatihan ini, yang mencakup teknik-teknik pengkoleksian biji hingga manajemen database biji.

Kegiatan RSCTC ini selain diikuti oleh para peneliti dan teknisi LIPI juga diikuti oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati Universitas Papua, National Herbarium Pakistan dan National Agricultural Research Center Pakistan. Kegiatan yang merupakan pelatihan pengelolaan konservasi biji ini ditutup oleh, Kepala PKT Kebun Raya,Dr. Didik Widyatmoko dan Dr. Kate Hardwick (Royal Botanic Garden Kew) yang sangat mengapresiasi usaha peserta pelatihan karena banyak kemajuan yang ditunjukkan oleh para peserta selama pelatihan. Dr. Kate berharap tahun depan saat kembali lagi ke Indonesia banyak pengetahuan dari peserta yang telah mampu diaplikasikan untuk konservasi dan pengembangan biji dalam kerangka kerjasama MSB dengan Kebun Raya Indonesia untuk konservasi biji. Melalui konservasi biji dalam frame kerjasama MSB dan KRI, semoga semakin banyak tumbuhan yang bisa kita lindungi dan lestarikan.   (Sanusi)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton