Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
12-04-2017
Selamat dan Sukses untuk BKT Kebun Raya Cibodas-LIPI di Ulang Tahunnya yang ke-165

11-04-2017
Peneliti BKT Kebun Raya Purwodadi Temukan Dua Spesies Baru Anggrek dari Pulau Sumatera, Indonesia

05-04-2017
Evaluasi Kesesuaian Proses Bisnis, Kebun Raya Purwodadi Selenggarakan Audit Internal ISO 9001:2015

berita lainnya >>



beranda > what's on > evaluasi kesesuaian proses bisnis, kebun raya purwodadi selenggarakan audit internal iso 9001:2015

Evaluasi Kesesuaian Proses Bisnis, Kebun Raya Purwodadi Selenggarakan Audit Internal ISO 9001:2015


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI telah menyelenggarakan Audit Internal ISO 9001:2015 selama dua hari yaitu tanggal  29-30 Maret 2017. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KR Purwodadi telah memulai proses migrasi penerapan ISO 9001: 2015 yang telah di-launching pada peringatan Hari UlangTahun Kebun Raya Purwodadi ke-76, pada 30 Januari lalu. Penerapan ISO 9001:2015 ini menggantikan ISO 9001:2008 yang telah diterapkan dari tahun 2013.

Pada sambutan pembukaan, Kepala KR Purwodadi memberikan arahan kepada seluruh anggota tim untuk memahami dengan sebaik-baiknya apa saja yang akan dilakukan di setiap unitnya. Pemahaman ini harus diikuti dengan melaksanakan seluruh prosedur dan melengkapi seluruh bukti-bukti dalam bentuk informasi terdokumentasi. Kepala KR Purwodadi juga mengingatkan bahwa audit internal ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian proses dan prosedur sekaligus menginternalisasikan budaya kerja yang baik.

Pelaksanaan audit internal ini dibagi menjadi 4 sesi dengan 13 proses audit yang dibagi berdasarkan lingkup audit. Setelah seluruh sesi dilaksanakan, kegiatan audit internal ini kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan. Acara penutupan ini diawali dengan presentasi tentang hasil pelaksanaan audit internal secara keseluruhan oleh Ketua Tim Audit, Esti Endah Ariyanti yang kemudian dilanjutkan dengan klarifikasi, pembahasan dan diskusi sehingga didapatkan kesimpulan audit internal. Adapun temuan berupa ketidaksesuaian dan observasi akan segera ditindaklanjuti oleh para auditi agar nantinya proses bisnis pada setiap unit dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan produk yang diinginkan oleh pelanggan juga memenuhi target sasaran mutu 2017 yang telah disusun.

Dalam sambutan penutupannya, Kepala KR Purwodadi berterima kasih kepada seluruh tim yang hadir karena telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi baik dalam waktu singkat. Di samping itu, beliau terkesan dengan proses audit yang telah berjalan dan diskusi yang menggambarkan kesungguhan seluruh tim dalam rangka membangun budaya kerja yang baik. Menurutnya, seluruh tim sangat serius mereview pola kerja sehari-hari untuk mengklarifikasi distribusi tugas masing-masing sehingga meningkatkan kemudahan dalam koordinasi antar unit di KR Purwodadi.  Catatan lain dari sambutan penutupan Kepala KR Purwodadi adalah menekankan pentingnya melaksanakan pembelajaran secara terus menerus untuk memelihara pola kerja yang sudah baik tersebut. Hal ini diwujudkan dengan adanya knowledge sharing. Knowledge sharing perlu terus dijaga sehingga pola kerja dan pengetahuan yang sudah mengakar itu tidak hilang.

(Sanusi dan Shofiyatul Mas’udah)



Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton