Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
11-10-2017
Silaturrahim ke Keluarga Korban Musibah Pagar Roboh di Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Polsek Purwodadi Amankan TKP Longsor Bahu Jalan Penghubung Surabaya - Malang Yang Berakibat Tumbangnya Pohon Di Area Parkir Kebun Raya Purwodadi

09-10-2017
Release tentang Robohnya Tembok/Pagar Pembatas di Sisi Barat Kebun Raya Purwodadi

berita lainnya >>



beranda > what's on > membangun kepedulian lingkungan, kebun raya purwodadi peringati hari peduli sampah nasional

Membangun Kepedulian Lingkungan, Kebun Raya Purwodadi Peringati Hari Peduli Sampah Nasional


BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Selasa tanggal 21 Februari 2017 bersama siswa-siswi SMA/SMK di wilayah Kabupaten Pasuruan. Kegiatan yang digelar di Plaza Taman Paku dan Akuatik Kebun Raya Purwodadi ini mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada permasalahan pengelolaan sampah di Indonesia. Dalam sambutan pembukaan, R. Hendrian menyebutkan adanya hubungan yang erat antara konservasi dengan pentingnya memaknai HPSN ini, “Peringatan HPSN itu bukan hanya tentang pengelolaan sampah, namun yang terpenting adalah membangun mental kepedulian dan budaya rapi dan bersih. Budaya seperti itu sangat penting bagi generasi muda dan akan sangat besar pengaruhnya bagi kemajuan suatu bangsa.”

Rangkaian kegiatan HPSN di Kebun Raya Purwodadi ini diisi pula dengan kegiatan Aksi Nyata Peduli Sampah dengan melakukan pengumpulan sampah oleh seluruh peserta. Aksi  ini dipandu oleh peneliti Kebun Raya Purwodadi, Ilham Kurnia Abywijaya dan dilanjutkan dengan presentasi berjudul "Sampah di Kebun Raya Purwodadi dan Pengelolaannya". Dalam pemaparannya, Ilham mengajak peserta mengingat kembali sejarah awal adanya peringatan HPSN yaitu peristiwa longsornya TPA Leuwigajah yang melenyapkan 2 kampung adat dan ratusan orang meninggal dunia. Selain itu, Ilham memperkenalkan pengelolaan sampah dan pengomposan serasah yang dilakukan di Kebun Raya Purwodadi. Penyampaian yang sangat interaktif dan menyenangkan serta diselingi doorprize dari pembicara membuat para peserta antusias mengikuti kegiatan peringatan HPSN ini.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI dengan SMKN 1 Purwosari. Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Kebun Raya Purwodadi dalam memberikan kontribusi dan dukungan kepada lembaga pendidikan di bidang pembelajaran mengenai lingkungan hidup dan upaya pelestariannya. 

Wanta, salah satu guru dari SMAN 1 Pandaan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini dan berharap dapat melanjutkan dengan bentuk kerjasama yang lebih luas serta aksi-aksi lain yang menyentuh lingkungan dalam mewujudkan sinergi untuk konservasi. Senada dengan Wanta, Junaedi, siswa dari SMKN 1 Nguling merasa termotivasi untuk menerapkan budaya rapi dan bersih dalam kegiatan sehari-hari dan ia juga berharap seluruh peserta yang hadir pada HPSN ini dapat menularkan budaya rapi dan bersih pada teman-teman lainnya di sekolah. (Sanusi)




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton