Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
Berita lainnya
12-04-2017
Selamat dan Sukses untuk BKT Kebun Raya Cibodas-LIPI di Ulang Tahunnya yang ke-165

11-04-2017
Peneliti BKT Kebun Raya Purwodadi Temukan Dua Spesies Baru Anggrek dari Pulau Sumatera, Indonesia

05-04-2017
Evaluasi Kesesuaian Proses Bisnis, Kebun Raya Purwodadi Selenggarakan Audit Internal ISO 9001:2015

berita lainnya >>



beranda > what's on > kebun raya purwodadi ajak kelompok tani lestarikan tanaman uwi (dioscoreaceae)

Kebun Raya Purwodadi Ajak Kelompok Tani Lestarikan Tanaman Uwi (Dioscoreaceae)


Tim Peneliti Dioscoreaceae Kebun Raya Purwodadi menyambangi Kelompok Tani di Desa Gerbo Kecamatan Purwodadi hari Sabtu (28/1) lalu. Kesempatan bertemu dengan kelompok tani ini dimanfaatkan untuk mendiseminasikan kegiatan penelitian yang dilakukan KRP serta berbagi pengalaman seputar tanaman pertanian. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Gerbo dengan dihadiri Kepala Desa dan perwakilan dari Kelompok Tani.

Dalam kegiatan diseminasi tersebut, Tim dari KRP mengenalkan kembali uwi (Dioscorea alata) kepada para petani. Uwi bukan tanaman baru bagi para petani di Desa Gerbo. Sebagian besar masyarakat di desa tersebut sudah mengenal uwi dari orang tua mereka. Namun, saat ini tanaman uwi sudah jarang ditanam oleh warga karena dianggap kurang bernilai secara ekonomi.

Uwi adalah tanaman berumbi, merupakan salah satu jenis tanaman dari marga Dioscoreaceae. Fauziah, koordinator tim penelitian Dioscoreaceae menjelaskan potensi umbi uwi sebagai pangan alternatif. Umbi uwi memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan kentang, ubi jalar dan talas. Bahkan, umbi uwi memiliki kandungan gula dan lemak yang lebih rendah serta bebas gluten sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan autisme serta mendukung program diet. Selain itu, tanaman uwi memiliki sifat tahan terhadap kekeringan sehingga sesuai ditanam di lahan marjinal yang sulit air.

Oleh karena potensinya yang tinggi sebagai pangan alternatif dan pangan fungsional, KRP melakukan kegiatan konservasi, seleksi dan pengembanganuwidengan tujuan untuk menyeleksi varietas lokal uwiyang memiliki sifat terpilih dari morfologi umbi dan kandungan nutrisi, serta  menghasilkan varietas harapan uwi. Kegiatan penelitian tersebut pada tahun 2017 ini telah memasuki tahun ketiga dari enam tahun kegiatan yang direncanakan.

Beberapa varietas lokal uwi yang dimiliki KRP antara lain Uwi Sego, Uwi Ketan Putih, Uwi Ketan Biru, Uwi Bangkulit, Uwi Ulo, dan lain-lain. Semua uwi yang dikoleksi oleh KRP merupakan hasil eksplorasi di sekitar Jawa Timur. Melalui kegiatan diseminasi ini, KRP mengajak para petani untuk kembali menanam dan memanfatkan uwi.

Setelah pemaparan dari tim KRP, kelompok tani Desa Gerbo mulai tertarik untuk menanam uwi di pekarangan rumah atau lahan pertanian mereka. Supangkat, salah satu anggota kelompok tani mengaku senang dengan kedatangan tim KRP, menurutnya kegiatan yang telah dilakukan KRP secara langsung mendorong pada petani dalam mengangkat potensi pertanian lokal khususnya uwi. Sutrisno, Kepala Desa Gerbo, mengapresiasi kedatangan tim dari KRP. Beliau berharap kegiatan ini dapat ditindaklanjuti melalui pendampingan Kelompok Tani oleh Tim dari KRP dalam mengembangkan tanaman uwi. (Shofiyatul Mas’udah)

 

 

            

 





Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton