Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
STAF PENELITIKEGIATAN PENELITIAN

beranda > penelitian > kegiatan penelitian > kolaborasi riset krp-lipi dan fakultas biologi ugm (i-mhere 2010): genetika populasi vanda foetida

Kolaborasi Riset KRP-LIPI dan Fakultas Biologi UGM (I-MHERE 2010): Genetika Populasi Vanda foetida


Peningkatan mutu penelitian yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi tidak berhenti pada peningkatan penelitian secara substansial saja. Ada banyak strategi yang dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan kolaborasi penelitian dengan salah satu pemegang otoritas pendidikan dan penelitian di Indonesia yaitu universitas. Pada tahun 2010, dua peneliti muda Kebun Raya Purwodadi, Destario Metusala, M. Sc. dan Ridesti Rindyastuti, S. Si. melakukan penelitian tentang genetika populasi anggrek endemik dan langka di Sumatera Selatan, Vanda foetida yang telah lebih dari 100 tahun menghilang dari dunia taksonomi. Penelitian ini dilakukan bersama dosen Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada, Dr. Budi Setiadi Daryono, M. Agr. Sc. dan mahasiswa program magister Dian Aruni Kumalawati, M. Sc. dalam skema kegiatan riset I-MHERE (Indonesia-Managing Higher Education for Relevance and Efficiency).

 

Selain mendapatkan dana penelitian, tim peneliti dari Kebun Raya Purwodadi dengan judul  “Study on Genotype and Phenotype of Vanda foetida, The Rare and Endemic Orchid from South Sumatera”, mendapatkan hibah penelitian dengan predikat Best Research (penelitian terbaik) dari 6 penerima hibah penelitian dalam kompetisi proposal yang diikuti oleh setidaknya 15 kelompok penelitian kolaborasi dari lembaga penelitan dan universitas-universitas di Indonesia. Kegiatan penelitian ini terdiri dari tiga kegiatan besar yaitu (1) Studi ekologi dan penyelamatan anggrek Vanda foetida (2) Studi morfologi Vanda foetida (3) Studi karakter genetika populasi V. foetida.

   

Lokasi Kegiatana Spesimen V. foetida

 Keterangan: (a) Hutan habitat Vanda foetida di Sumatera Selatan; (b) Ekstrak Vanda foetida

 

Studi ekologi dilakukan dengan eksplorasi flora menyusuri zona hijau di Sumatera Selatan untuk menemukan anggrek endemik yang sekarang bertahan di pedalaman hutan dengan populasi yang sangat terbatas akibat alih fungsi lahan hutan menjadi perkebunan yang telah terjadi berpuluh-puluh tahun. Tingkat keterancaman anggrek ini di habitat aslinya sangat tinggi. Aktifitas pembukaan lahan baru akan semakin memperkecil ukuran populasi. Peremajaan tanaman perkebunan seperti teh dan kopi juga dinilai signifikan menghambat penyebaran anggrek ini, apalagi oleh pekebun, anggrek yang hidup menempel (epifit) di tanaman kopi mereka anggap sebagai gulma bahkan parasit. Padahal, anggrek dengan bunga berukuran besar (3-5 cm), berwarna ungu dan berbau harum ini sangat potensial dijadikan indukan dalam persilangan anggrek untuk menghasilkan hybrid baru yang berkualitas. 

 

Penyelamatan anggrek dari habitat asli untuk dikoleksi di Kebun Raya Purwodadi, penyadaran masyarakat dan stakeholder akan pentingnya perlindungan ekosistem hutan serta studi tentang karakter genetik pada populasi terbatasnya diharapkan dapat memperkecil kemungkinan hilangnya spesies ini dari habitat aslinya. Salam Konservasi! [Ridesti/Tim Web KRP].

 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton