Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
STAF PENELITIKEGIATAN PENELITIAN

beranda > penelitian > kegiatan penelitian > eksplorasi flora new initiative di kab. maros, gowa & bone, sulawesi selatan

Eksplorasi Flora New Initiative di Kab. Maros, Gowa & Bone, Sulawesi Selatan


Tim gabungan PKT Kebun Raya Bogor, UPT BKT Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Pucak melakukan kegiatan eksplorasi flora di Kabupaten Maros, Gowa dan Bone, Sulawesi Selatan selama 20 hari, yaitu tanggal 11 sampai dengan 30 April 2013. Kegiatan ini didanai dari DIPA PKT Kebun Raya Bogor dengan program New Initiative. Personil yang terlibat antara lain Adi Suprapto, Esti E. Ariyanti, Ratna Sutiastuti, Djuli Sarwono, M. Yunus dan staf Kebun Raya Pucak / Balitbangda. Tim ini juga dilengkapi dengan staf Dokinfo guna mendokumentasikan kegiatan eksplorasi flora dan pembuatan film singkat mengenai Kebun Raya Pucak.

 

Hasil yang diperoleh dari kegiatan eksplorasi ini sebanyak 276 nomor koleksi tumbuhan yang terdiri atas 67 suku dan 149 marga (29 nomor di antaranya adalah koleksi anggrek). Sebagian besar koleksi tumbuhan ini ditanam di Kebun Raya Pucak dalam rangka pengayaan koleksi kebun raya daerah.

 

Kebun Raya Pucak merupakan “Agrobotanical Garden” yang memprioritaskan koleksi dari jenis-jenis tumbuhan budidaya yang bermanfaat baik sebagai sandang, pangan, papan, obat maupun tanaman hias. Adapun jenis-jenis yang berpotensi obat yang berhasil dikoleksi antara lain temu hitam (Curcuma aeruginosa), Brucea javanica, Gendarussa vulgaris, Alstonia scholaris; jenis berpotensi pangan antara lain Dioscorea sp., Amorphophallus muelleri, Mangifera spp.; jenis berpotensi hias antara lain Hoya spp., Begonia sp., Ixora sp., jenis-jenis anggrek seperti Habenaria sp., Dendrobium sp., Coelogyne sp., dan masih banyak lagi yang lainnya. [Esti E. Ariyanti]

 

Dokumentasi kegiatan Eksplorasi Pucak

 Dokumentasi kegiatan dan beberapa jenis tumbuhan yang diperoleh dari eksplorasi oleh Tim Gabungan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Pucak di Kabupaten Maros, Gowa dan Bone, Sulawesi Selatan.


 

 




Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton