Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > pelayanan penyewaan ruang pertemuan (gedung serbaguna, ruang pertemuan, dan kafe gardenia)

Pelayanan Penyewaan Ruang Pertemuan (Gedung Serbaguna, Ruang Pertemuan, dan Kafe Gardenia)



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Sewa Fasilitas Gedung.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Penggunaan Gedung Serbaguna.
  3. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi mempersilakan wakil pelanggan menyelesaikan uang muka biaya sewa ruangan dan hal-hal terkait di Jasa dan Informasi, direkam pada FR-7.5.1-JI-1-26: Formulir Permohonan Sewa Fasilitas Gedung dan pelunasan dilakukan di loket pada tanggal H-1.
  2. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi menginformasikan pada wakil pelanggan bahwa pada hari-H pelaksanaan diwajibkan datang terlebih dahulu sebelum para anggotanya.
  3. Jika kegiatan telah selesai, pelanggan diminta untuk mengisi FR-7.5.1-JI-1-12: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Umum dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  4. Pelaksanaan kegiatan akan dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Formulir Analisis Data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi pemesananan ruang pertemuan bisa dilakukan dalam satu hari kerja apabila Formulir Permohonan Sewa Fasilitas Gedung dan Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Sewa Fasilitas Gedung sudah diisi lengkap dan dicatat di papan reservasi. Pelunasan biaya dilakukan di loket.

Biaya/Tarif
  1. Gedung pertemuan kapasitas 500 orang (Aula Cemara): Rp. 3.500.000,- per 8 jam
  2. Gedung pertemuan kapasitas 50 orang (Ruang Pertemuan Kawisto): Rp. 350.000,- per 8 jam
  3. Gedung pertemuan kapasitas 100 orang (Café Gardenia): Rp. 500.000,- per 8 jam
Produk Pelayanan

Jasa penyewaan ruang pertemuan.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas
  • Gedung Serbaguna : AC, Listrik, Toilet.
  • Gedung Kafetaria : Listrik, Toilet.
Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami Peraturan Pemerintah No.106 Tahun 2012.
    • Memahami ketentuan layanan penginapan.
    • Memahami informasi perkebunrayaan.
  2. Pramuwisma
    • Mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah.
    • Mampu menjelaskan ketentuan layanan penyewaan ruang pertemuan yang harus dipatuhi.
    • Berpenampilan rapi dan sopan.
    • Mampu memberikan informasi fasilitas yang tersedia dan informasi perkebunrayaan lainnya.
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan dengan menyerahkan Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum yang dianalisis secara berkala.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran, dan masukan :
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
    • Melalui penyampaian langsung kepada pramuwisma.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah pramuwisma yang ada adalah 3 orang.

Jaminan Pelayanan

Ruang pertemuan yang telah dipesan dan dicatat di papan reservasi akan disiapkan oleh pramuwisma. Pelanggan dipersilakan mendekorasi ruang pertemuan setelah jam tutup loket sehari sebelum hari kegiatan. Pada hari yang sudah ditentukan, pelanggan dapat langsung menggunakan ruang pertemuan yang sudah disiapkan selama 8 jam dengan terlebih dahulu melapor ke petugas loket.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Data yang tercatat di formulir permohonan akan disimpan dan kerahasiaannya tetap di jaga.
  2. Perawatan ruang pertemuan dilakukan secara rutin oleh pramuwisma.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan layanan penginapan :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.
Penggunaan gedung/ruang pertemuan :
Setiap hari jam 07.30 - 16.00 WIB.


Lihat juga:
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum
Pemotretan Prewedding
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Wisata / Umum
Sewa Fasilitas Area
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Ilmiah

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton