Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
LENTERA (Layanan Online Terpadu)PERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > pelayanan guest house untuk tamu umum

Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Sewa Guest House dan Penginapan.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan menginap di Kebun Raya Purwodadi.
  3. Mengisi Formulir Kuisioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas Jasa dan Informasi menerima pesanan penginapan dari calon pelanggan yang akan memanfaatkan Penginapan Cemara, Guest House Cempaka, dan Guest House Kemuning, yang memesan dengan cara datang langsung dan mengisi FR-7.5.1-JI-2-03: Formulir Permohonan Sewa Guest House dan Penginapan.
  2. Petugas Jasa dan Informasi mencatat tanggal pemesanan di papan tulis sesuai dengan jumlah permintaan tamu.
  3. Koordinator Jasa dan Informasi berkoordinasi dengan unit terkait (Koordinator Umum, Pengawas Rumah Tangga, bendahara penerima unit keuangan, dan Komandan Satpam) FR-5.1.1: Formulir Komunikasi internal dalam penyiapan fasilitas dan pelayanan yang ada di Penginapan Cemara, Guest House Cempaka, dan Guest House Kemuning.
  4. Petugas Jasa dan Informasi memberikan rincian biaya yang harus dibayar, dengan memperlihatkan DP-7.5.1-JI-1-01: Daftar Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi untuk tamu umum dan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-2-03: Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan menginap di Kebun Raya Purwodadi.
  5. Petugas Pelayanan Kamar menerima tamu dan menempatan sesuai kamar yang tersedia.
  6. Jika telah selesai, Pengunjung sebelum keluar dari penginapan diminta untuk mengisi FR-7.5.1-JI-1-12: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  7. Kegiatan sewa Guest House dan Penginapan akan dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Formulir Analisis data Oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi pembookingan kamar bisa dilakukan dalam satu hari kerja apabila Formulir Permohonan Sewa Guest House dan Penginapan dan Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan menginap di Kebun Raya Purwodadi sudah diisi lengkap dan dicatat di papan reservasi dan pelunasan biaya bisa dilakukan pada saat check-in di loket.

Biaya/Tarif
  1. Tarif penginapan Guest House Cemara (dengan kasur) sebesar Rp. 300.000,-/kamar/malam (tidak termasuk tiket masuk dan layanan makan).
  2. Tarif penginapan Guest House Cemara (tanpa kasur/hanya matras) sebesar Rp. 200.000,-/kamar/malam (tidak termasuk tiket masuk dan layanan makan).
  3. Tarif penginapan Guest House Kemuning (penginapan peneliti) sebesar Rp. 100,000,-/kamar/malam (tidak termasuk tiket masuk dan layanan makan).
  4. Tarif penginapan Guest House Cempaka (Guest House VIP) sebesar Rp. 900.000,-/kamar/malam (tidak termasuk tiket masuk dan layanan makan).
Produk Pelayanan

Jasa Penginapan untuk pengunjung Kebun Raya Purwodadi.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas
  • GH Cemara dan Kemuning: kamar tidur, kamar mandi, AC, meja, kursi.
  • GH Cempaka/VIP: ruang tamu, dapur, kamar tidur, AC, wastafel, kamar mandi, air panas/dingin.
Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami Peraturan Pemerintah No.106 Tahun 2012.
    • Memahami ketentuan layanan penginapan.
    • Memahami informasi perkebunrayaan.
  2. Pramuwisma
    • Mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah.
    • Mampu menjelaskan ketentuan yang harus dipatuhi.
    • Berpenampilan rapi dan sopan.
    • Mampu memberikan informasi fasilitas yang tersedia dan informasi perkebunrayaan lainnya.
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan dengan menyerahkan Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum yang dianalisis secara berkala.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran dan masukan :
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
    • Melalui penyampaian langsung kepada pramuwisma atau petugas layanan jasa pada saat menginap.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah pramuwisma yang ada adalah 3 orang.

Jaminan Pelayanan

Kamar yang telah dipesan dicatat pada papan reservasi untuk selanjutnya disiapkan oleh pramuwisma. Pada hari yang sudah ditentukan, pengunjung bisa langsung check-in dan menempati kamar yang sudah disiapkan.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Data yang tercatat di formulir permohonan akan disimpan dan kerahasiaannya tetap di jaga.
  2. Perawatan kamar dilakukan secara rutin oleh pramuwisma.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan layanan penginapan :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.
Pelayanan penginapan :
  • Check in : 13.00 WIB
  • Check out : 12.00 WIB


Lihat juga:
Layanan Jasa Pembimbingan Penelitian
Pemotretan Prewedding
Sewa Fasilitas Area
Pelayanan Penyewaan Ruang Pertemuan (Gedung Serbaguna, Ruang Pertemuan, dan Kafe Gardenia)
Pelayanan Kunjungan Rombongan

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton