Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > pelayanan guest house untuk tamu dinas

Pelayanan Guest House untuk Tamu Dinas



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Penggunaan Guest House Tamu Dinas.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan menginap di Kebun Raya Purwodadi.
  3. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pengawas Jasa dan Informasi menerima informasi tamu yang akan menginap dari satuan kerja LIPI ataupun instansi pemerintah/swasta yang melaksakan kegiatan kedinasan di Kebun Raya Purwodadi.
  2. Koordinator Jasa dan Informasi membuat surat koordinasi kepada bagian terkait (Koordinator Unit Umum, Pengawas Rumah Tangga dan Komandan Satpam) menggunakan FR-5.1.1: Formulir Komunikasi Internal termasuk di dalamnya pengaturan jadwal penjemputan dan pengantaran tamu.
  3. Tamu Dinas mengisi Formulir Permohonan Penggunaan Guest House Tamu.
  4. Petugas Layanan Jasa meminta dan mem-fotocopy identitas pegawai dari tamu dinas yang menginap.
  5. Petugas Jasa dan Informasi memberikan rincian biaya yang harus dibayar, dengan memperlihatkan DP-7.5.1-JI-2-02: Ketentuan Penggunaan Guest House dan Penginapan dan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-2-02: Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Menginap di Kebun Raya Purwodadi.
  6. Petugas Pelayanan Kamar menerima tamu dan menempatkan sesuai kamar yang tersedia.
  7. Koordinator Jasa dan Informasi menghubungi pejabat struktural atau penanggung jawab kegiatan yang berkaitan bahwa tamu sudah datang.
  8. Bagian Rumah Tangga mengajukan biaya jamuan ke bagian Unit Keuangan.
  9. Petugas Pelayanan Penginapan Cemara, Guest House Cempaka, dan Guest House Kemuning menyiapkan jamuan untuk tamu: sarapan, makan siang dan makan malam.
  10. Sebelum check out, tamu mengisi FR-7.5.1-JI-1-12: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Umum dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  11. Kegiatan pemesanan kamar akan dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Formulir Analisis Data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Verifikasi pemesanan kamar dilakukan setelah surat permohonan resmi diterima.

Biaya/Tarif
  1. Untuk tamu yang mempunyai urusan dinas dengan Kebun Raya Purwodadi tidak dipungut biaya (gratis).
  2. Untuk Tamu LIPI, menginap tanpa ada urusan dinas di Kebun Raya Purwodadi:
    • Guest House Cemara (penginapan dengan kasur) seharga 50% x Rp. 300.000,-/kamar/malam (belum termasuk tiket masuk dan layanan makan).
    • Guest House Cemara (penginapan tanpa kasur, hanya matras) seharga 50% x Rp. 200.000,-/kamar/malam (belum tiket masuk dan layanan makan).
    • Guest House Kemuning (penginapan peneliti) seharga 50% x Rp. 100,000,-/kamar/malam (belum tiket masuk dan layanan makan).
    • Guest House Cempaka (Guest House VIP) seharga 50% x Rp. 900.000,-/kamar/malam (belum tiket masuk dan layanan makan).
Produk Pelayanan

Jasa Penginapan untuk Tamu Dinas Kebun Raya Purwodadi.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas
  • Guest House Cemara dan Kemuning: kamar tidur, kamar mandi, AC, meja, kursi.
  • Guest House Cempaka (VIP): ruang tamu, dapur, kamar tidur, AC, wastafel, kamar mandi (shower: air panas /dingin).
Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami Peraturan Pemerintah No.106 Tahun 2012.
    • Memahami ketentuan layanan penginapan.
    • Memahami informasi perkebunrayaan.
  2. Pramuwisma
    • Mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah.
    • Mampu menjelaskan ketentuan yang harus dipatuhi.
    • Berpenampilan rapi dan sopan.
    • Mampu memberikan informasi fasilitas yang tersedia dan informasi perkebunrayaan lainnya.
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan dengan menyerahkan Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum yang dianalisis secara berkala.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran dan masukan :
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
    • Melalui penyampaian langsung kepada pramuwisma.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah pramuwisma yang ada adalah 3 orang.

Jaminan Pelayanan

Kamar yang sudah dipesan dan dicatat di papan reservasi akan disiapkan oleh pramuwisma. Pada hari yang sudah ditentukan, pengunjung bisa langsung check-in dan menempati kamar yang sudah disiapkan.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Data yang tercatat di formulir permohonan akan disimpan dan kerahasiaannya tetap di jaga.
  2. Perawatan kamar dilakukan secara rutin oleh pramuwisma.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan layanan penginapan :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.
Pelayanan penginapan :
Setiap hari, sesuai dengan waktu pemesanan kamar penginapan/GH.


Lihat juga:
Pemotretan Prewedding
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Ilmiah
Syuting
Paket Pendidikan Lingkungan Tematik
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton