Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
LENTERA (Layanan Online Terpadu)PERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > sewa fasilitas area

Sewa Fasilitas Area



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Sewa Fasilitas Area.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Sewa Fasilitas Area.
  3. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pelanggan mengkonfirmasi permintaan layanan sewa lokasi kepada Petugas Jasa dan Informasi dengan datang langsung dan melakukan survei tempat sebelum hari pelaksanaan, dicatat dalam formulir FR-7.5.1-JI-1-21: Formulir Sewa Fasilitas Area dan dibuat rangkap tiga untuk: Pelanggan, Arsip Jasa dan Informasi serta Bendahara Penerima.
  2. Petugas pelayanan Jasa dan Informasi memperlihatkan DP-7.5.1-JI-1-08: Daftar Fasilitas untuk Kegiatan Kebun Raya Purwodadi dan menjelaskan batasan kegiatan dan tempat yang bisa dipakai seperti yang tertuang dalam DP-7.5.1-JI-1-07: Ketentuan Lokasi, serta rincian biaya yang harus dibayar dengan memperlihatkan DP-7.5.1-JI-1-01: Daftar Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi di Kebun Raya Purwodadi. Pelanggan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-1-22: Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Sewa Lokasi di Kebun Raya Purwodadi.
  3. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi berkoordinasi dengan Bendahara Penerima tentang biaya dan pembayaran uang muka ataupun pelunasan. Setelah melakukan pembayaran, pelanggan mendapatkan tanda bukti pembayaran dari Bendahara Penerima.
  4. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi membuat surat koordinasi kepada bagian terkait: Koordinator Unit Umum, Komandan Satpam, Koordinator Pemalihara Koleksi, Pengawas Kebersihan, dan Koperasi (bila dibutuhkan) menggunakan FR-5.1.1: Formulir Komunikasi internal.
  5. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi mempersilakan pelanggan mengisi FR-7.5.1-JI-1-12: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Umum dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan setelah kegiatan berlangsung.
  6. Kegiatan sewa fasilitas area akan dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Formulir Analisis Data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi pemesanan/sewa fasilitas area dapat dilakukan dalam satu hari kerja setelah dilakukan survei lokasi dan fasilitas serta telah melengkapi Formulir Permohonan Pemanduan Wisata/Umum dan Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Sewa Fasilitas Area di Kebun Raya Purwodadi kemudian dicatat di papan reservasi dan pelunasan biaya dilakukan pada saat hari kegiatan di loket.

Biaya/Tarif
  1. Penggunaan lokasi untuk kegiatan ibadah maupun acara keluarga (per 10 jam) belum termasuk tiket masuk:
    a. Kapasitas 1 s/d 50 orang  : Rp.   100.000,-
    b. Kapasitas 51 s/d 100 orang  : Rp.   200.000.-
    c. Kapasitas 101 s/d 150 orang  : Rp.   250.000,-
    d. Kapasitas 151 s/d 200 orang  : Rp.   300.000,-
    e. Kapasitas 201 s/d 300 orang  : Rp.   550.000,-
    f. Kapasitas 301 s/d 400 orang  : Rp.   800.000,-
    g. Kapasitas 401 s/d 500 orang, dst.  : Rp.   1.100.000,-
  2. Penggunaan lapangan untuk kegiatan seminar, pemeran, rapat, outbond, maupun gathering (per 10 jam) belum termasuk tiket masuk:
    a. Kapasitas 1 s/d 250 orang  : Rp.   750.000,-
    b. Kapasitas 251 s/d 500 orang  : Rp.   1.000.000,-
    c. Kapasitas 501 s/d 750 orang  : Rp.   1.500.000,-
    d. Kapasitas 751 s/d 1000 orang, dst.  : Rp.   1.750.000,-
  3. Penggunaan lapangan untuk kegiatan Perkemahan (camping) - 1 kali tiket & bebas toilet (per malam):
    a. Kapasitas 1 s/d 25 orang  : Rp.   200.000,-
    b. Kapasitas 26 s/d 50 orang  : Rp.   300.000.-
    c. Kapasitas 51 s/d 100 orang  : Rp.   400.000,-
    d. Kapasitas 101 s/d 150 orang  : Rp.   500.000,-
    e. Kapasitas 151 s/d 200 orang  : Rp.   600.000,-
    f. Kapasitas 201 s/d 250 orang  : Rp.   700.000,-
    g. Kapasitas 251 s/d 300 orang  : Rp.   800.000,-
    h. Kapasitas 301 s/d 350 orang  : Rp.   900.000,-
    i. Kapasitas 351 s/d 400 orang  : Rp.   1.000.000,-
    j. Kapasitas 401 s/d 450 orang  : Rp.   1.100.000,-
    k. Kapasitas 451 s/d 500 orang, dst.  : Rp.   1.200.000,-
Produk Pelayanan

Jasa sewa fasilitas area.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

Lawn Depan Kafe/ Lawn Besar/ Lawn Saman/ Lawn Sumber/ Camping Ground/ Lawn Fabaceae/ Lapangan Sepak Bola/ Fasilitas Listrik/ Toilet.

Kompetensi Pelaksana
Petugas Layanan Jasa dan Informasi
  1. Memahami Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012
  2. Memahami ketentuan layanan sewa lokasi
  3. Memahami informasi perkebunrayaan
  4. Memahami lokasi dan fasilitas yang disewakan kepada pengunjung
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi
  2. Dilakukan oleh Unit Keuangan
  3. Dilakukan oleh Unit Umum
  4. Dilakukan oleh Unit Koleksi
  5. Dilakukan oleh Petugas Keamanan
  6. Dilakukan dengan menyerahkan Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Umum yang analisis secara berkala
  7. Dilaksanakan secara berkelanjutan
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran, dan masukan:
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan layanan umum.
    • Melalui penyampaian langsung kepada petugas layanan jasa pada saat atau setelah kegiatan berlangsung.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Untuk pemesanan layanan dilayani oleh Unit Jasa dan Informasi dengan personel 1 (satu) orang.

Jaminan Pelayanan

Lokasi yang sudah dipesan dan dicatat di papan reservasi akan disiapkan dan disterilkan pada hari kegiatan. Rombongan yang sudah memesan dapat mendekorasi tempat pada H-1 sebelum hari kegiatan, setelah jam tutup loket. Pada hari yang sudah ditentukan, pemesan dapat langsung menggunakan lokasi yang dipesan dengan terlebih dahulu melapor ke loket masuk dan menyelesaikan pelunasan biaya administrasi.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Data yang tercatat di formulir permohonan akan disimpan dan kerahasiaannya tetap dijaga.
  2. Pengecekan lokasi dan fasilitas dilakukan secara rutin oleh Unit Jasa dan Informasi, Umum, dan Koleksi.
  3. Adanya rambu - rambu yang sudah dipasang di areal Kebun Raya Purwodadi.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/ permohonan layanan sewa fasilitas area :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.
Penggunaan sewa fasilitas area :
  • Setiap hari : jam 07.30 - 16.00 WIB


Lihat juga:
Pendampingan Praktik Kerja Lapang
Pemotretan Prewedding
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum
Pelayanan Penyewaan Ruang Pertemuan (Gedung Serbaguna, Ruang Pertemuan, dan Kafe Gardenia)
Layanan Jasa Pembimbingan Penelitian

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton