Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > pendampingan praktik kerja lapang

Pendampingan Praktik Kerja Lapang



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengajukan surat permohonan resmi dari instansi/perguruan tinggi terkait.
  2. Mengisi Formulir Permohonan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan.
  3. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Kebun Raya Purwodadi.
  4. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Kebun Raya Purwodadi.
  5. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi menerima siswa/mahasiswa sebagai pelanggan yang akan melakukan magang disertai surat dari sekolah/universitas yang bersangkutan yang selanjutnya diidentifikasi sebagai DP-7.5.1-JI-1-02: Surat dari pelanggan.
  2. Koordinator Jasa dan Informasi mengkomunikasikan dengan Koordinator Jabatan Fungsional Peneliti/Non-Peneliti (untuk pemagangan mahasiswa/siswa) dengan mengisi Formulir FR-5.1.1: Formulir Komunikasi Internal. Koordinator Jabatan Fungsional Peneliti menetapkan pendamping pemagangan sesuai dengan subtansi pemagangan dalam FR-5.1.1: Formulir Komunikasi Internal kepada Koordinator Jasa dan Informasi.
  3. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi membuat surat balasan.
  4. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi mempersilahkan pelanggan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-1-13: Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Kebun Raya Purwodadi.
  5. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi meminta siswa/mahasiswa yang magang membuat laporan kegiatan pemagangan sesuai dengan format dari sekolah atau kampus masing-masing untuk dievaluasi oleh pendamping atau pembimbing magang.
  6. Setelah menyelesaikan kegiatan magang, Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi membuatkan Surat Keterangan Selesai Magang di Kebun Raya Purwodadi dan pelanggan diminta mengisi FR-7.5.1-JI-1-32: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Lapang dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  7. Kegiatan pendampingn dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Formulir Analisis data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi penyediaan layanan bisa dilakukan selama 5 hari kerja apabila seluruh persyaratan telah dilengkapi.

Biaya/Tarif
  • Biaya Pendampingan Mahasiswa (Praktik Kerja Lapangan/Kerja Praktik) sebesar Rp. 100.000,-/orang/paket.
  • Pendampingan Siswa Praktik Kerja Lapang tidak dikenakan biaya (gratis).
Produk Pelayanan

Layanan dan pendampingan Praktik Kerja Lapang.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

Perpustakaan, laboratorium, herbarium, green house, dan koleksi tumbuhan.

Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami PP no 106 tahun 2012.
    • Memahami ketentuan Praktik Kerja Lapang.
    • Memahami informasi perkebunrayaan.
  2. Pembimbing dan/atau pendamping kegiatan
    • Minimal strata 1 (S1) untuk mahasiswa.
    • Minimal Diploma 3 untuk siswa sekolah.
    • Memahami informasi perkebunrayaan.
    • Memiliki kompetensi pendidikan yang terkait dengan tema atau materi bimbingan.
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan dengan menyerahkan kuesioner kepuasan pelanggan yang dianalisis secara berkala.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran, dan masukan:
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan Praktik Kerja Lapang.
    • Melalui penyampaian langsung kepada petugas layanan jasa dan informasi.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah pembimbing dan atau pendamping kegiatan yang ditugaskan disesuaikan dengan tema yang diangkat dan jumlah peserta.

Jaminan Pelayanan

Peserta praktik kerja lapang akan didampingi oleh pembimbing atau pendamping kegiatan sesuai dengan jangka waktu praktik kerja lapang yang sudah disepakati.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Peserta praktik kerja lapang selalu didampingi oleh pendamping atau pembimbing kegiatan selama kegiatan praktik kerja lapang.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan praktik kerja lapang :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.30 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.


Lihat juga:
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum
Pemotretan Prewedding
Syuting
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Wisata / Umum
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Ilmiah

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton