Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > layanan jasa perpustakaan

Layanan Jasa Perpustakaan



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Yang berhak meminjam koleksi perpustakaan adalah seluruh pegawai UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi-LIPI.
  2. Peminjaman bahan pustaka maksimal 2 buah dan lama peminjaman maksimal 2 minggu.
  3. Pengguna dari luar hanya diperbolehkan membaca di tempat dan/atau fotokopi.
  4. Pengguna dilarang merusak atau merobek koleksi perpustakaan, jika melanggar dikenakan sanksi sesuai ketentuan.
  5. Fasilitas fotokopi dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan DP-7.5.1-JI-1-07: Ketentuan Pengguna Layanan Perpustakaan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi menerima pengguna, Pustakawan mempersilakan pengguna untuk mengisi buku tamu yang sudah disediakan dan menyimpan tas di loker yang telah disediakan.
  2. Pustakawan menanyakan keperluan atau informasi apa yang dibutuhkan pengguna.
  3. Pustakawan memandu pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pertama-tama dengan menelusuri katalog digital kemudian rak koleksi.
  4. Setelah koleksi yang dicari ditemukan di katalog digital maka pengguna melanjutkan pencarian di rak koleksi. Setelah ditemukan maka pengguna dapat membaca di tempat, meminjam atau memfotokopi. Jika bahan pustaka yang dicari tidak ditemukan, maka pengguna dapat meminta bantuan pustakawan untuk mencari koleksi buku tersebut di rak koleksi.
  5. Jika pustakawan tidak menemukan koleksi yang dibutuhkan, maka akan diinformasikan tentang keberadaan koleksi tersebut.
  6. Jika pengguna akan meminjam koleksi perpustakaan maka petugas mengarahkan pengguna ke meja petugas. Informasi buku yang dipinjam oleh pelanggan dicatat pada FR-7.5.1-JI-1-17: Formulir Peminjaman Buku atau FR-7.5.1-JI-1-18: Formulir Peminjaman Majalah. Jika pengunjung menginginkan penelusuran informasi oleh petugas tentang suatu topik tertentu, dipersilakan mengisi formulir FR-7.5.1-JI-1-19: Formulir Penelusuran Informasi.
  7. Sebelum meninggalkan perpustakaan, pengunjung diminta mengisi FR-7.5.1-JI-1-12: Formulir Kuisioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Layanan Umum dan FR-7.5.1.2: Form Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  8. Evaluasi dilakukan setiap 6 bulan sekali.
  9. Jika pengunjung memerlukan data untuk difotokopi, maka petugas akan memfotokopikan dan mencatatnya pada FR-7.5.1-JI-1-20 Formulir Logbook Fotokopi Dokumen.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi penyediaan layanan dilakukan selama satu hari kerja dengan lama peminjaman maksimal 2 minggu dan peminjaman bahan pustaka maksimal 2 buah.

Biaya/Tarif

Peminjaman bahan pustaka tidak dipungut biaya (gratis).

Produk Pelayanan

Jasa layanan perpustakaan dan koleksi buku perpustakaan.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

Koleksi buku perpustakaan, ruang baca, meja, dan kursi.

Kompetensi Pelaksana
  1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah.
  2. Menguasai informasi koleksi perpustakaan.
  3. Mampu mengoperasikan komputer.
  4. Mampu mengoperasikan mesin fotokopi.
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan dengan pengisian kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan layanan umum yang dianalisis secara berkala.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan dan saran:
    Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan layanan umum.
  2. Penanganan aduan:
    Ditanggapi langsung, dilakukan analisis kuesioner dan dikoordinasikan dengan unit kerja terkait untuk perbaikan layanan perpustakaan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah personel layanan perpustakaan sebanyak 1 (satu) orang.

Jaminan Pelayanan

Pengunjung perpustakaan akan dilayani dalam pencarian dan peminjaman buku serrta referensi lainnya.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Data pengunjung perpustakaan dalam buku tamu dijaga kerahasiaannya.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Layanan Jasa Perpustakaan tersedia pada :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.30 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup.


Lihat juga:
Pelayanan Penyewaan Ruang Pertemuan (Gedung Serbaguna, Ruang Pertemuan, dan Kafe Gardenia)
Identifikasi Tumbuhan
Syuting
Sewa Fasilitas Area
Pendampingan Praktik Kerja Lapang

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton