Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > paket pendidikan lingkungan tematik

Paket Pendidikan Lingkungan Tematik



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Pendidikan Lingkungan Tematik.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Pendidikan Lingkungan Tematik.
  3. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pelanggan datang ke Unit Jasa dan Informasi mendapatkan informasi mengenai Daftar Acuan Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam DP-7.5.1-JI-1-01: Daftar Acuan Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi.
  2. Pelanggan mengkonfirmasi permintaan layanan pendidikan lingkungan kepada Petugas Jasa dan Informasi dengan datang langsung sebelum hari pelaksanaan, dan dicatat pada formulir FR-7.5.1-JI-1-05: Formulir Permohonan Pendidikan Lingkungan Tematik yang dibuat rangkap tiga yaitu untuk Pelanggan, Arsip Jasa dan Informasi serta Bendahara Penerima.
  3. Petugas melaporkan kepada Penanggung Jawab Kegiatan Paket Pendidikan Lingkungan Tematik dan Koordinator Jasa dan Informasi.
  4. Koordinator Jasa dan Informasi menyampaikan kepada Koordinator Unit Umum usulan pengadaan alat dan bahan yang dibutuhkan, melalui FR-7.4.1.1: Formulir Permintaan Pengadaan Barang dan Jasa (rangkap dua untuk: Unit Umum dan Unit Jasa dan Informasi). Setelah alat dan bahan tersedia selanjutnya diserahkan kepada Penanggung Jawab paket pendidikan lingkungan tematik.
  5. Koordinator Jasa dan Informasi menyampaikan kepada Koordinator Unit Seleksi dan pembibitan untuk persiapan bibit tanaman dan kepada Koordinator Unit Pemelihara Koleksi untuk persiapan praktek kompos. Setelah bahan praktek tersedia selanjutnya diserahkan kepada Penanggung Jawab paket pendidikan lingkungan tematik.
  6. Apabila usulan tidak sesuai dengan yang diminta maka Koordinator Jasa dan Informasi mengisi FR-8.2.2.7: Formulir Permintaan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan.
  7. Penanggung Jawab Paket Pendidikan Lingkungan Tematik menunjuk Fasilitator dengan menggunakan FR-7.5.1-JI-1-06: Formulir Rencana Paket Pendidikan Lingkungan Tematik dengan tembusan kepada atasan langsung Fasilitator.
  8. Penanggung Jawab Paket Pendidikan Lingkungan Tematik menyampaikan FR-7.5.1-JI-1-05: Formulir Permohonan Paket Pendidikan Lingkungan Tematik kepada Bendahara Penerima dan Petugas Pintu.
  9. Layanan dilaksanakan dibawah Koordinasi Penanggung Jawab Paket Pendidikan Lingkungan Tematik.
  10. Setelah layanan diberikan, Penanggung Jawab Paket Pendidikan Lingkungan Tematik meminta pelanggan untuk mengisi FR-7.5.1-JI-1-11: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  11. Kegiatan Paket Pendidikan Lingkungan Tematik dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Formulir Analisis data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi penyediaan layanan paket pendidikan lingkungan tematik bisa dilakukan dalam satu hari kerja apabila Formulir Permohonan Paket Pendidikan Lingkungan Tematik dan Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Paket Pendidikan Lingkungan Tematik sudah diisi lengkap dan dicatat di papan reservasi. Kegiatan dilaksanakan selama 2-3 jam di tempat praktik yang ditentukan (tempat pembuatan kompos dan pembibitan perbanyakan tanaman).

Biaya/Tarif
  1. Biaya pelatihan perbanyakan tanaman (minimal 30 orang): Rp. 50.000,-/orang.
  2. Biaya pelatihan kompos (minimal 30 orang): Rp.50.000,-/orang.
  3. Tiket masuk pengunjung Rp. 8.500,-/orang.
Produk Pelayanan

Jasa pendidikan lingkungan: paket tematik.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

Pemandu (Guide), modul, alat praktik, sertifikat, bibit tanaman hasil praktik perbanyakan tanaman.

Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami PP No. 106 tahun 2012
    • Memahami ketentuan pemanduan ilmiah
    • Memahami informasi perkebunrayaan
  2. Pemandu (Guide)
    • Memahami informasi ilmiah koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi
    • Memahami informasi perkebunrayaan
    • Memahami cara perbanyakan tanaman dan pembuatan kompos yang benar
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan dengan menyerahkan kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan paket pendidikan lingkungan tematik yang dianalisis secara berkala.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran, dan masukan :
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan paket pendidikan lingkungan tematik.
    • Melalui penyampaian langsung kepada pemandu atau petugas layanan jasa pada saat pemanduan berlangsung.
  2. Penanganan aduan: ditanggapi langsung, dilakukan analisis kuesioner dan dikoordinasikan dengan unit kerja terkait untuk perbaikan layanan paket pendidikan lingkungan tematik.
Jumlah Pelaksana

Jumlah pemandu yang ditugaskan disesuaikan dengan jumlah peserta paket pendidikan lingkungan tematik dan tema paket yang diinginkan.

Jaminan Pelayanan

Rombongan yang sudah melakukan reservasi, pada hari pelaksanaan kegiatan akan di konfirmasi oleh petugas jasa dan informasi tentang jam kunjungan dan di sediakan modul, sertifikat, alat dan bahan praktik serta pendamping paket pendidikan lingkungan tematik.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Petugas loket akan menginformasikan melaui pengeras suara untuk berhati-hati beraktifitas di Kebun Raya Purwodadi dan menghindari area-area yang kurang aman bagi pengunjung ketika cuaca memburuk.
  2. Pemasangan rambu-rambu bagi pengunjung yang dipasang pada lokasi tertentu.
  3. Pendamping praktik akan selalu mendampingi dan menjaga keselamatan peserta selama kegiatan praktik.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan paket pendidikan lingkungan tematik :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tidak melayani paket pendidikan lingkungan tematik.


Lihat juga:
Sewa Fasilitas Area
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum
Layanan Jasa Perpustakaan
Syuting
Pelayanan Kunjungan Rombongan

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton