Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
LENTERA (Layanan Online Terpadu)PERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > layanan jasa pembimbingan penelitian

Layanan Jasa Pembimbingan Penelitian



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengajukan surat permohonan resmi dari instansi/perguruan tinggi terkait.
  2. Mengisi Formulir Permohonan Penelitian.
  3. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Penelitian di Kebun Raya Purwodadi.
  4. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Penelitian.
  5. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi menerima mahasiswa atau peneliti sebagai pelanggan yang akan melakukan penelitian disertai surat dari kampus atau lembaga yang bersangkutan yang diidentifikasi sebagai DP-7.5.1-JI-1-02: Surat dari pelanggan.
  2. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi melapor kepada Koordinator Jasa dan Informasi.
  3. Koordinator Jasa dan Informasi berkoordinasi dengan koordinator jabatan fungsional peneliti menggunakan FR-5.1.1: Formulir Komunikasi Internal untuk menentukan bisa diterima atau tidaknya permohonan penelitian tersebut.
  4. Bila telah disetujui oleh Koordinator jabatan fungsional peneliti, petugas Jasa dan Informasi menyampaikan kepada pelanggan bahwa permohonan penelitian diterima.
  5. Petugas Pelayanan jasa dan Informasi mempersilakan pelanggan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-3-02: Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Penelitian di Kebun Raya Purwodadi.
  6. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi mempersilakan pelanggan menyelesaikan biaya administrasi kepada bendahara penerima direkam dengan menggunakan FR-7.5.1-JI-3-01: Formulir Permohonan Penelitian.
  7. Pendamping Penelitian ditunjuk oleh koordinator jabatan fungsional peneliti dengan menggunakan FR-5.1.1: Komunikasi Internal.
  8. Setelah selesai penelitian, pelanggan diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, dan mengisi FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan selanjutnya petugas pelayanan jasa dan Informasi membuatkan Surat Keterangan selesai penelitian di Kebun Raya Purwodadi.
  9. Pelanggan mengisi FR-7.5.1-JI-1-32: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Penelitian dan dievaluasi dengan FR-8.4.1: Formulir Analisis data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi penyediaan layanan bisa dilakukan selama 5 hari kerja apabila pengisian formulir sudah diisi lengkap dan dicatat di buku reservasi.

Biaya/Tarif

Bimbingan penelitian: Rp. 100.000,- /orang/paket.

Produk Pelayanan

Bimbingan penelitian mahasiswa.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

Laboratorium, koleksi tumbuhan, area pembibitan, herbarium, green house, dan perpustakaan.

Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami PP No. 106 tahun 2012
    • Memahami ketentuan pemanduan ilmiah
    • Memahami informasi perkebunrayaan
  2. Pembimbing dan atau pendamping kegiatan
    • Minimal Strata-2 (S2) untuk mahasiswa S1/D3
    • Minimal Strata-3 (S3) untuk mahasiswa S2
    • Memahami informasi perkebunrayaan
    • Memiliki kompetensi keilmuan yang terkait dengan tema atau materi penelitian
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung pembimbing.
  2. Dilakukan dengan pengisian kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan pembimbingan penelitian.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran, dan masukan :
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan penelitian.
    • Melalui penyampaian langsung kepada petugas layanan jasa dan informasi.
  2. Penanganan aduan : diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah Pembimbing dan/atau pendamping kegiatan yang ditugaskan disesuaikan dengan tema penelitian.

Jaminan Pelayanan

Peserta bimbingan penelitian akan didampingi oleh pembimbing dan/atau pendamping kegiatan sesuai dengan jangka waktu pembimbingan penelitian yang sudah disepakati.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Peserta bimbingan penelitian akan didampingi oleh pendamping atau pembimbing kegiatan selama kegiatan pembimbingan.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan /permohonan pembimbingan penelitian:
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.30 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari libur Nasional tutup.


Lihat juga:
Paket Pendidikan Lingkungan Tematik
Layanan Jasa Perpustakaan
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Ilmiah
Pelayanan Guest House untuk Tamu Dinas

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton