Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > layanan pendidikan lingkungan : pemanduan wisata / umum

Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Wisata / Umum



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Pemanduan Wisata dan Umum.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Pemanduan Wisata/Umum.
  3. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Kegiatan Pendidikan Lingkungan.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pelanggan mengkonfirmasi permintaan layanan pemanduan wisata dan umum kepada Petugas Jasa dan Informasi dengan datang langsung untuk survei sebelum hari pelaksanaan, dan dicatat pada formulir FR-7.5.1-JI-1.14: Permohonan Pemanduan Wisata dan Umum yang dibuat rangkap 3 yaitu untuk: Pelanggan, Arsip Jasa dan Informasi, Bendahara Penerima.
  2. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi mempersilakan pelanggan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-1.15: Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Pemanduan.
  3. Penanggung Jawab Pemanduan Umum berkoordinasi dengan Koordinator Jasa dan Informasi perihal penentuan pemandu menggunakan FR-7.5.1-JI-1.30: Rencana Pemanduan Wisata dan Umum yang disahkan oleh Kepala UPT BKT Kebun Raya Purwodadi.
  4. Penanggung Jawab Pemanduan Umum membuat komunikasi internal yang ditandatangani Koordinator Jasa dan Informasi untuk disampaikan kepada unit yang stafnya ditunjuk sebagai pemandu beserta foto copy FR-7.5.1-JI-1.30: Rencana Pemanduan Wisata dan Umum untuk disampaikan kepada staf yang ditugaskan sebagai pemandu.
  5. Layanan dilaksanakan di bawah koordinasi Petugas Jasa dan Informasi.
  6. Wakil pelanggan menyelesaikan biaya terkait sebelum dilakukan pemanduan kepada petugas layanan Jasa dan Informasi yang telah direkam pada FR-7.5.1-JI-1-14: permohonan Pemanduan Wisata dan umum dengan mengacu kepada DP-7.5.1-JI-1-01: Daftar Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi.
  7. Ketika kegiatan telah selesai, wakil pelanggan diminta mengisi FR-7.5.1-JI-1-12: Kuesioner kepuasan pelanggan Terhadap Pelaksanaan Layanan Umum dan FR-7.5.1.2: Form Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  8. Kegiatan pemanduan dievaluasi dengan direkam pada FR-8.4.1: Analisis data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi penyediaan layanan bisa dilakukan dalam satu hari kerja apabila Formulir Permohonan Pemanduan Wisata/Umum dan Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Pemanduan sudah diisi lengkap dan dicatat di papan reservasi. Durasi waktu pemanduan umum adalah satu jam berupa penjelasan informasi perkebunrayaan dan penjelasan koleksi tanaman secara umum, potensi wisata, serta keunikan yang dimiliki tanaman koleksi Kebun Raya Purwodadi.

Biaya/Tarif
Pemandu pendidikan lingkungan: pemanduan wisata/umum dikenakan biaya
  1. pengunjung Domestik (1 s/d 20 orang) Rp. 100.000,- per pemandu per jam;
  2. pengunjung Asing (1 s/d 5 orang) Rp. 150.000,- per pemandu per jam.
Produk Pelayanan

Jasa Pendidikan Lingkungan: Pemanduan Wisata/Umum.

Sarana dan Prasarana

Tumbuhan koleksi, tempat duduk, gazebo, cafe Gardenia, Garden shop, Gedung Pusat Informasi Pengujung, dan green house (pada hari kerja).

Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami PP No. 106 tahun 2012
    • Memahami ketentuan pemanduan ilmiah
    • Memahami informasi perkebunrayaan
  2. Pemandu (Guide)
    • Memahami informasi ilmiah koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi
    • Memahami informasi perkebunrayaan
    • Memahami etika pemandu yang baik
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi.
  2. Dilakukan oleh Pimpinan secara langsung.
  3. Dilakukan dengan pengisian kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan pemanduan wisata/umum yang dianalisis secara berkala.
  4. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan dan Saran
  1. Penyampaian aduan dan saran:
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan pendidikan lingkungan.
    • Melalui penyampaian langsung kepada pemandu atau petugas layanan jasa pada saat pemanduan berlangsung.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan untuk perbaikan layanan pemanduan wisata/umum.
Jumlah Pemandu

Jumlah pemandu yang ditugaskan disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Jaminan Pelayanan

Pemandu yang ditugaskan sudah berada di area loket pada jam dan hari pada tanggal yang sudah ditetapkan. Untuk hari pelaksanaan hari kerja, jam kunjungan pelaksanaan kegiatan akan di konfirmasi oleh petugas jasa dan informasi.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Petugas loket akan menginformasikan melalui pengeras suara untuk berhati-hati ketika beraktifitas di area Kebun Raya Purwodadi dan menghindari area-area yang kurang aman bagi pengunjung ketika kondisi cuaca memburuk.
  2. Pemasangan rambu-rambu peringatan bagi pengunjung pada lokasi tertentu.
  3. Pemandu bertanggung jawab terhadap keselamatan rombongan selama kegiatan pemanduan berlangsung.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan pemanduan wisata/umum :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari libur Nasional tutup.
Pelaksanaan pemanduan wisata/umum :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.30 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB
  • Sabtu - Minggu : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 16.00 WIB


Lihat juga:
Pelayanan Kunjungan Rombongan
Layanan Jasa Perpustakaan
Paket Pendidikan Lingkungan Tematik
Identifikasi Tumbuhan
Pendampingan Praktik Kerja Lapang

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton