Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
RESERVASI ONLINEPERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > layanan pendidikan lingkungan : pemanduan ilmiah

Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Ilmiah



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Pemanduan Ilmiah.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Pemanduan Ilmiah.
  3. Mengisi Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Kegiatan Pendidikan Lingkungan.
  4. Mengisi Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Pelanggan mengkonfirmasi permintaan layanan pemanduan ilmiah kepada Petugas Jasa dan Informasi dengan datang langsung sebelum hari pelaksanaan, dan dicatat pada formulir FR-7.5.1-JI-1-02: Permohonan Pemanduan Ilmiah yang dibuat rangkap 3 yaitu untuk: Pelanggan, Arsip Jasa dan Informasi, serta Bendahara Penerima.
  2. Pelanggan mendapatkan informasi dari Petugas Jasa dan Informasi dalam DP-7.5.1-JI-1-01: Daftar Acuan Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi, mengenai ketentuan-ketentuan yang meliputi :
    • biaya tiket masuk;
    • biaya pemandu;
    • cara pembayaran;
    • materi pemanduan ilmiah;
    • waktu pelaksanaan pemanduan ilmiah;
    • ketentuan-ketentuan lain yang berlaku.
  3. Petugas Jasa dan Informasi mempersilakan pelanggan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi dalam FR 7.5.1-JI-1-04: Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Pemanduan Ilmiah.
  4. Petugas melaporkan kepada Penanggung Jawab Pemanduan Ilmiah dan Koordinator Jasa dan Informasi.
  5. Penanggung Jawab Pemanduan Ilmiah berkoordinasi dengan Koordinator Jasa dan Informasi perihal penentuan pemandu menggunakan FR-7.5.1-JI-1-03: Formulir Rencana Pemanduan Ilmiah yang disahkan oleh Kepala UPT BKT Kebun Raya Purwodadi.
  6. Penanggung Jawab Pemanduan Ilmiah menyampaikan FR-7.5.1-JI-1-02: Formulir Permohonan Pemanduan Ilmiah kepada Bendahara Penerima.
  7. Penanggung Jawab Pemanduan Umum membuat komunikasi internal yang ditandatangani Koordinator Jasa dan Informasi untuk disampaikan kepada unit yang stafnya ditunjuk sebagai pemandu beserta foto copy FR-7.5.1-JI-1.30: Rencana Pemanduan Wisata dan Umum untuk disampaikan kepada staf yang ditugaskan sebagai pemandu.
  8. Layanan dilaksanakan di bawah koordinasi Penanggung Jawab Pemanduan Ilmiah.
  9. Wakil pelanggan menyelesaikan biaya terkait sebelum dilakukan pemanduan kepada petugas layanan Jasa dan Informasi yang telah direkam pada FR-7.5.1-JI-1-14: permohonan Pemanduan Wisata dan umum dengan mengacu kepada DP-7.5.1-JI-1-01: Daftar Tarif Pelayanan Jasa dan Informasi Kebun Raya Purwodadi.
  10. Setelah layanan diberikan, Penanggung Jawab Pemanduan Ilmiah meminta pelanggan untuk mengisi FR-7.5.1-JI-1-1: Formulir Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Kegiatan Pendidikan Lingkungan dan FR-7.5.1.2: Formulir Penyerahan Produk Kepada Pelanggan.
  11. Kegiatan pemanduan dievaluasi dengan FR-8.4.1: Formulir Analisis Data oleh Pengawas Pelayanan Jasa dan Informasi.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi penyediaan layanan dapat dilakukan dalam satu hari kerja apabila Formulir Permohonan Pemanduan Ilmiah dan Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Kegiatan Pemanduan Ilmiah sudah diisi lengkap dan dicatat di papan reservasi. Durasi pemanduan ilmiah adalah satu jam berupa penjelasan umum dan pengamatan langsung untuk mempelajari karakter morfologi, pemanfaatan dan nama ilmiah tumbuhan.

Biaya/Tarif
  1. Pemandu pendidikan lingkungan untuk pelajar (TK,SD,SMP,SMA) sebesar Rp. 50.000,-/pemandu/jam (1 s/d 30 orang), dilaksanakan pada hari dan jam kerja.
  2. Pemandu pendidikan lingkungan untuk mahasiswa dan sederajat sebesar Rp. 100.000,-/pemandu/jam (1 s/d 20 orang), dilaksanakan pada hari dan jam kerja.
Produk Pelayanan

Jasa Pendidikan Lingkungan: Pemanduan Ilmiah.

Sarana dan Prasarana

Tumbuhan koleksi, gazebo, herbarium dan green house.

Kompetensi Pelaksana
  1. Petugas Layanan Jasa dan Informasi
    • Memahami PP No. 106 tahun 2012
    • Memahami ketentuan pemanduan ilmiah
    • Memahami informasi perkebunrayaan
  2. Pemandu (Guide)
    • Memahami informasi ilmiah koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi
    • Memahami informasi perkebunrayaan
    • Memahami etika pemandu yang baik
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi, diketahui oleh atasan langsung pemandu.
  2. Dilakukan dengan pengisian kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan pendidikan lingkungan yang dianalisis secara berkala oleh Unit Jasa dan Informasi.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan dan saran:
    • Melalui pengisian kolom saran dalam kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan pendidikan lingkungan.
    • Melalui penyampaian langsung kepada pemandu atau petugas layanan jasa pada saat pemanduan berlangsung.
  2. Penanganan aduan: diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Jumlah pemandu yang ditugaskan disesuaikan dengan jumlah peserta pemanduan ilmiah.

Jaminan Pelayanan

Rombongan yang sudah melakukan reservasi, pada hari pelaksanaan kegiatan akan dikonfirmasi oleh Petugas Jasa dan Informasi tentang jam kunjungan dan disediakan pemandu yang sudah berada di area loket pada waktu yang sudah ditetapkan.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  1. Petugas loket akan menginformasikan melalui pengeras suara untuk berhati-hati ketika beraktifitas di area Kebun Raya Purwodadi dan menghindari area-area yang kurang aman bagi pengunjung ketika kondisi cuaca memburuk.
  2. Pemasangan rambu-rambu peringatan bagi pengunjung pada lokasi tertentu.
  3. Pemandu bertanggung jawab terhadap keselamatan rombongan selama kegiatan pemanduan berlangsung.
Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan dan pelaksanaan pemanduan ilmiah :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu dan Hari libur Nasional tutup.


Lihat juga:
Identifikasi Tumbuhan
Pendampingan Praktik Kerja Lapang
Layanan Jasa Perpustakaan
Pemotretan Prewedding
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Wisata / Umum

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton