Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
LENTERA (Layanan Online Terpadu)PERPUSTAKAANPENGADUAN MASYARAKATPELAYANAN JASAJAM OPERASIONALTIKET MASUKHASIL ANALISA KEPUASAN PELANGGAN

beranda > pelayanan > pelayanan jasa > pelayanan kunjungan rombongan

Pelayanan Kunjungan Rombongan



Dasar Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik
  6. Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat
  7. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pengaduan
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Persyaratan Pelayanan
  1. Mengisi Formulir Permohonan Surat Izin Kunjungan.
  2. Mengisi Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Pengunjung Rombongan.
Sistem Mekanisme dan Prosedur
  1. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi atau Koordinator Jasa dan Informasi menerima wakil pelanggan yang akan melakukan kunjungan yang dicatat sebagai DP-7.5.1-JI-1-02: Surat dari Pelanggan.
  2. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi atau Koordinator Jasa Informasi melayani wakil pelanggan yang akan berkunjung dengan memberikan FR-7.5.1-JI-1-09: Formulir Surat Izin Kunjungan.
  3. Petugas Pelayanan Jasa dan Informasi mempersilakan pelanggan mengisi surat perjanjian yang berisi aturan yang harus dipatuhi FR-7.5.1-JI-2.10: Formulir Pernyataan Bersedia Mengikuti Ketentuan Pengunjung Rombongan.
  4. Pada hari kunjungan, petugas penanggung jawab Pelayanan Umum, petugas Pengawas Pelayanan Umum atau Petugas Penyobek Tiket meminta wakil rombongan untuk memperlihatkan FR7.5.1JI-1-09: Formulir Surat Izin Kunjungan.
  5. Petugas Penanggung Jawab Pelayanan Umum, Pengawas Pelayanan Umum, Petugas Penjual Tiket atau Petugas Pelayanan/Penyobek Tiket mempersilakan peserta rombongan masuk sambil menghitung jumlah peserta rombongan yang sebenarnya.
  6. Setelah keseluruhan peserta rombongan masuk, Petugas Penanggung Jawab Layanan Umum, Pengawas Pelayanan Umum atau Penyobek Tiket mempersilakan wakil pelanggan membayar tiket di loket sesuai dengan jumlah peserta rombongan dan memeriksa kesesuaian jumlah tiket yang dibeli wakil pelanggan dengan FR-7.5.1-JI-1-09: Formulir Surat Izin Kunjungan kemudian menyobek tiket yang telah dibeli.
  7. Petugas Penanggung Jawab Pelayanan Umum, Petugas Pengawas Pelayanan Umum dan Petugas Penyobek Tiket mengembalikan tiket yang sudah disobek kepada wakil rombongan untuk disimpan selama berada di kawasan UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi-LIPI.
Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu verifikasi pengunjung rombongan bisa dilakukan dalam satu hari kerja setelah mengisi surat izin rombongan dan pernyataan bersedia mengikuti ketentuan pengunjung rombongan.

Biaya/Tarif
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara (termasuk asuransi jiwa PT. Jasa Raharja Putera) seharga Rp. 16.000,-/orang
  • Tiket masuk wisatawan domestik (termasuk asuransi jiwa PT. Jasa Raharja Putera) seharga Rp. 10.000,-/orang, dengan ketentuan:
    • rombongan dengan jumlah peserta ≥ 100 orang memperoleh diskon 10% dari jumlah tiket
    • rombongan pelajar/ mahasiswa yang melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan (pemanduan) memperoleh diskon 15% dari jumlah tiket
    • rombongan PAUD dan TK (usia ≤ 5 tahun) memperoleh diskon 50% dari jumlah tiket
    • rombongan yayasan yatim piatu memperoleh diskon 75% dari jumlah tiket
    • rombongan yayasan panti jompo dan panti sosial memperoleh diskon 50% dari jumlah tiket
Produk Pelayanan
  1. Layanan pengunjung rombongan.
Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

-

Kompetensi Pelaksana
  1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah.
  2. Mampu menjelaskan ketentuan yang harus dipatuhi.
  3. Berpenampilan rapi dan sopan.
  4. Mampu memberikan informasi perkebunrayaan.
Pengawasan Internal
  1. Dilakukan oleh Unit Jasa dan Informasi.
  2. Dilakukan oleh Unit Keuangan.
  3. Dilaksanakan secara berkelanjutan.
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan
  1. Penyampaian aduan, saran dan masukan:
    dengan penyampaian langsung kepada Petugas Loket pada saat atau setelah kegiatan berlangsung.
  2. Penanganan aduan:
    diterima oleh unit Jasa dan Informasi disampaikan kepada Ka Subbag Tata Usaha untuk ditindaklanjuti dan hasilnya disampaikan oleh Unit Jasa dan Informasi kepada pelanggan.
Jumlah Pelaksana

Pemesananan layanan dilayani oleh Unit Jasa dan Informasi dengan personel 1 (satu) orang.

Jaminan Pelayanan

Setiap rombongan yang sudah mendapatkan ijin dari Unit Jasa dan Informasi akan mendapatkan layanan pengunjung rombongan.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Pengunjung akan diberikan informasi oleh petugas Jasa dan Informasi dan Petugas Loket mengenai lokasi-lokasi yang bisa dikunjungi oleh pengunjung dan sudah dipasang rambu - rambu yang tersebar di area Kebun Raya Purwodadi.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan tiap semester (6 bulan).

Jam Pelayanan
Penerimaan pemesanan/permohonan layanan pengunjung rombongan :
  • Senin - Kamis : 07.30 - 11.30 WIB dan 12.30 - 15.00 WIB
  • Jumat : 07.30 - 11.00 WIB dan 14.00 - 15.30 WIB
  • Sabtu, Minggu dan Hari libur Nasional tutup.
Pelaksanaan kunjungan rombongan :
  • Setiap hari : 07.30 - 16.00 WIB


Lihat juga:
Layanan Pendidikan Lingkungan : Pemanduan Wisata / Umum
Layanan Jasa Pembimbingan Penelitian
Pelayanan Penyewaan Ruang Pertemuan (Gedung Serbaguna, Ruang Pertemuan, dan Kafe Gardenia)
Syuting
Pelayanan Guest House untuk Tamu Umum

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton