Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
ANGGREKBAMBUPOLONG-POLONGANPAKUPISANGTANAMAN OBATPALEMTAMAN TEMATIKHOYAKOLEKSI LAIN

beranda > koleksi > now blooming : saraca thaipingensis prain, bunga kuning cerah dan wangi mengundang serangga

Now Blooming : Saraca thaipingensis Prain, Bunga Kuning Cerah dan Wangi Mengundang Serangga


Saat ini koleksi Kebun Raya Purwodadi, Saraca thaipingensis tengah berbunga. Tumbuhan yang tergolong dalam familia Leguminosae ini memiliki pembungaan yang indah karena muncul di sepanjang batangnya. Warna kuning cerah dan bau harum yang dikeluarkan oleh bunga ini menyebabkan banyak serangga tertarik untuk berkunjung. Saraca declinata auct. non (Jack) Miq. dan Saraca cauliflora Baker merupakan sinonim dari Saraca thaipingensis.

Jenis ini juga tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara. Di Malaysia, tumbuhan ini dikenal dengan nama Talan. Di Thailand, orang menyebutnya Asok Lucang, adapula yang menyebutnya Asok Yai. Sementara di Bangkok dikenal dengan nama Sok Lueang. Istilah dalam Bahasa Inggris untuk tanaman ini adalah Yellow Ashoka/Yellow Saraca.

Jenis ini terdistribusi mulai dari Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaysia dan Jawa dan dibudidayakan di Filipina serta Papua Nugini. Selain dapat dinikmati keindahan bunganya, kayu dari jenis ini banyak dimanfaatkan di beberapa tempat diantaranya untuk bahan baku membuat gagang dan sarung parang. Ekstrak bunga Saraca juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena kandungan antioksidan di dalamnya. (JD)


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton