Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
ANGGREKBAMBUPOLONG-POLONGANPAKUPISANGTANAMAN OBATPALEMTAMAN TEMATIKHOYAKOLEKSI LAIN

beranda > koleksi > diospyros celebica, eboni, si hitam yang memikat

Diospyros celebica, Eboni, Si Hitam Yang Memikat


Eboni atau tumbuhan dengan nama latin Diospyros merupakan kelompok tumbuhan yang dikenal memiliki kualitas kayu yang sangat baik. Ada sekitar 500 jenis Eboni yang tumbuh tersebar di negara-negara Asia sampai Afrika. Indonesia memiliki ratusan jenis Eboni yang tumbuh di hutan-hutan alami di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua. Sebagian jenis-jenis tersebut telah dikoleksi dan dikembangkan di Kebun Raya Indonesia, salah satunya Kebun Raya Purwodadi-LIPI.

D. celebica merupakan jenis Eboni (eboni hitam) yang sangat unggul kualitas kayunya. Jenis ini endemik Sulawesi dan Kepulauan Maluku serta tumbuh di hutan dataran rendah pada ketinggian di atas 540 m dpl. Kayu eboni hitam memiliki karakter keras, awet dan berwarna hitam dengan alur atau garis yang menarik. Kayu jenis ini merupakan bahan baku untuk komoditi-komoditi penting seperti mebel eksklusif, patung dan alat musik seperti gitar dan piano yang harganya dapat mencapai ratusan juta sehingga sangat diminati masyarakat, berkualitas ekspor dengan permintaan akan kayu yang tinggi di dunia. Sayangnya, sebagian besar permintaan akan kayu ini masih dipenuhi dari eksploitasi yang tidak terkendali di alam sehingga populasi eboni di alam mulai mengalami penurunan. Karena tingkat keterancamannya, International Union for Conservation Nature and Natural Resources (IUCN) telah menetapkan eboni hitam sebagai tumbuhan terancam dan ditetapkan dengan status Vulnerable atau rentan.

Kebun Raya Purwodadi menjadikan jenis ini koleksi unggulan dan berupaya mengembangkan dengan cukup intensif agar sebagian permintaan akan jenis ini dapat dipenuhi melalui perbanyakan dan eksploitasi di alam dapat dikurangi. Upaya ini disambut baik oleh masyarakat, terbukti, minat masyarakat untuk menanam jenis ini sangat tinggi. Tercatat dari tahun ke tahun, permintaan akan bibit ini terus menerus meningkat. Selama tahun 2014 dan 2015, penjualan bibit eboni di kios botani Kebun Raya Purwodadi cukup tinggi. Dengan menanam dan memanfaatkan eboni maka kita telah berperan serta menjaga kelestarian tumbuhan lokal dari Indonesia. Salam Konservasi.

(Unit Pembibitan Kebun Raya Purwodadi/Ed:TW)



Lihat juga:
Cissus quadrangularis L.
Calanthe vestita Wall. ex Lindl., anggrek bulu yang menawan
Hoya lacunosa Blume
Musa balbisiana Cola
Selaginella plana

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton