Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
ANGGREKBAMBUPOLONG-POLONGANPAKUPISANGTANAMAN OBATPALEMTAMAN TEMATIKHOYAKOLEKSI LAIN

beranda > koleksi > calanthe vestita wall. ex lindl., anggrek bulu yang menawan

Calanthe vestita Wall. ex Lindl., anggrek bulu yang menawan


Calanthe vestita adalah salah satu jenis dari marga Calanthe. Sampai saat ini telah diketahui terdapat 170 jenis dari marga Calanthe. Sebagian besar jenis Calanthe tumbuh sebagai anggrek tanah (terrestrial) dan kadang tumbuh di batu (lithophyt) serta hanya sebagian kecil yang merupakan anggrek epifit.

 

Calanthe vestita seringkali dijuluki sebagai Calanthe yang tampan. Mengapa demikian? Merujuk pada nama jenisnya yaitu vestita yang artinya clothed (“berpakaian”) hal ini menggambarkan bagian perbungaanya mulai tangkai bunga sampai bunga itu sendiri dipenuhi dengan rambut-rambut yang sangat halus. Jenis ini termasuk dalam sub marga Preptanthe, dengan masa berbunga mulai bulan Oktober sampai Februari.

 

Persebaran C. vestita meliputi Thailand, Burma, Malaya dan Indonesia (tepatnya di Jawa, Sumatera dan Kalimantan). Di habitat alaminya jenis ini seringkali ditemui tumbuh di batu kapur dan lebih menyukai iklim kering. 

 

Karakter menonjol untuk lebih mengenal jenis ini adalah sebagai berikut:

1. Umbi semu oblong (memanjang), menyempit di bagian ujung, berwarna pucat abu-abu kehijauan, 7 – 10 panjangnya.

2. Daun muncul dari ujung umbi semu, berjumlah 4 helai, berbentuk lanset sampai oval, tidak ada rambut-rambut halus, dengan ukuran panjang daun 40 cm dan lebar daun 5 cm. Daun yang berwarna hijau pucat ini didukung oleh tangkai daun yang kuat.

3. Tangkai perbungaan cm muncul di antara daun, pada bagian pangkal tangkai ini tegak dan merunduk di - bagian ujungnya. Panjang tangkai perbungaan dapat mencapai 70 cm dan akan berkembang kuntum bunga sejumlah 10 – 20 kuntum. Seluruh bagian tangkai perbungaan dan tangkai bunga dipenuhi dengan rambut halus. Terdapat braktea (seludang bunga) berbentuk lanset, berwarna hijau muda, yang juga dipenuhi rambut halus.

4. Kuntum bunga didominasi warna putih bercak kekuningan atau oranye di bagian bibir. Kuntum bunga dengan mekar yang penuh sangat menarik dilengkapi kelopak bunga (sepals) yang berbentuk lonjong dan dipenuhi rambut halus, sedangkan mahkota bunga (petals) tidak berambut.

5. Bibir bunganya  tidak berambut, terbagi atas 3 cuping dan bagian pangkalnya bergabung dengan bagian tugunya (column). Bagian cuping samping tampak terbuka lebar dan cuping tengahnya terlihat terbelah dua dibagian ujungnya. Di bagian belakang bibir terdapat pula taji (spur) yang melengkung sekitar 1,5 cm panjangnya.

6. Anggrek ini cenderung berbunga pada musim hujan (bulan Oktober sampai Februari) memiliki ketahanan mekar bunga sampai 2 minggu ( 14 hari).

 

[Nina Dwi Yulia]

 



Lihat juga:
Palm
Curcuma mangga Valeton & Zijp
Anggrek Hitam: Anggrek Unik Yang Dilindungi
Serissa japonica (Thunb.) Thunb.
Antidesma montanum Blume

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton