Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
ANGGREKBAMBUPOLONG-POLONGANPAKUPISANGTANAMAN OBATPALEMTAMAN TEMATIKHOYAKOLEKSI LAIN

beranda > koleksi > lain > diospyros discolor willd.

Diospyros discolor Willd.


Tanaman yang dikenal dengan nama bisbul ini termasuk dalam famili Ebenaceae dan mempunyai beberapa synonim, salah satu diantaranya adalah Diospyros blancoi A. DC. Habitus tanaman ini adalah pohon, selalu hijau (evergreen), dengan ketinggian 7-15 m, diameter batang 50-80 cm. Tata letak daun berseling (alternate), bentuk daun memanjang (oblong), dengan bagian pangkal daun membulat dan bagian ujung daun runcing. Bagian permukaan atas daun hijau tua, licin tidak berbulu (glabrous), permukaan bawah daun berwarna keperakan dan berbulu. Daun muda berwarna hijau muda.

 

Perbungaan (dioecious), bunga jantan: bunga majemuk dengan 3-7 bunga, tangkai bunga pendek,warna bunga putih krim. Bunga betina tunggal, tidak mempunyai tangkai bunga (subsessile), ukurannya sedikit lebih besar dari bunga jantan. Buah: bulat (globose) dengan ukurang 5-12 cm x 8-10 cm berwarna coklat kemerahan, pada bagian pangkal buah, bekas kelopak bunga masih melekat, buah tertutup oleh bulu-bulu berwarna coklat keemasan. Daging buah berwarna keputihan, padat, manis, dan beraroma khas. Jumlah biji 0-10. Buah yang sudah matang dapat langsung dimakan, rasa buah agak manis. Daging buah dapat dipotong dan dicampur dengan buah lain untuk salad. Kayunya dapat digunakan untuk kerajinan. Tanaman ini ditanam sebagai pembatas garis jalan.  

 

 

  

Gambar 1. Pohon Diospyros discolor

 

  

 Gambar 2. Daun D. discolor (kiri), buah pada tangkai (kanan)

 

   

 Gambar 3. Buah nampak bagian atasnya (kiri), buah nampak bagain bawah dengan kelopak bunga yang masih melekat dan tidak lepas dari buah (kanan) 

 

     

Gambar 4. Irisan buah D. discolor dengan biji di tengah (kiri), irisan buah D. discolor yang tidak mempunyai biji (kanan)   

Referensi: PROSEA. 1992. Plant Resources of South-East Asia 2 Edible Fruits and Nuts. Bogor Indonesia. Editor. E.W.M. Verheij and R. E. Coronel 

Seluruh narasi dan foto: Siti Nurfadilah 



Lihat juga:
Etlingera megalocheilos (Griff.) A.D.Poulsen
Curcuma aeruginosa Roxb
Alpinia malaccensis (Burm.f.)
Dillenia ochreata (Miq.) Teijsm. & Binn. ex Martelli
Dendrobium acinaciforme Roxb.

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton