Facebook Fan Page
Sitemap
Kontak
Pengaduan Masyarakat
Kuisioner
 
BERANDATENTANG KRPPELAYANANKOLEKSIPENELITIANTAUTANUNDUHANLELANGBANK BIJI
ANGGREKBAMBUPOLONG-POLONGANPAKUPISANGTANAMAN OBATPALEMTAMAN TEMATIKHOYAKOLEKSI LAIN

beranda > koleksi > pisang > pisang kates

Pisang Kates


Pisang Kates merupakan kultivar pisang dengan karakteristik morfologi yang sangat unik berbeda dengan pisang pada umumnya. Pisang ini menghasilkan buah soliter (tidak bersisir) dengan bentuk buah yang membulat (tidak memanjang). ‘Kates’ adalah bahasa Jawa dari ‘Pepaya’ jadi Pisang Kates dapat diartikan sebagai ‘Pisang Pepaya’, yang merujuk dari bentuk buahnya yang lebih menyerupai buah pepaya (‘papaya like-banana’).

 

Pisang Kates ini berperawakan sedang hingga besar, batang semu berwarna hijau berlapis lilin tebal dengan tinggi mencapai 3 m. Karakteristik tandan berukuran kecil hingga sedang dengan individual buah yang tersusun secara melingkar tidak beraturan dan longgar. Buah tidak berbiji, berbentuk membulat dengan ujung tumpul. Kulit buah tebal berlapis lilin, berwarna hijau saat muda dan kuning lemon saat masak. Daging buah berwarna krem hingga kuning dengan rasa yang manis dan tidak beraroma. Pisang Kates ini dapat dikonsumsi baik sebagai pisang buah maupun pisang olahan, namun lebih disukai dikonsumsi segar.

 

Kultivar pisang unik ini dapat dilihat di Koleksi Pisang Kebun Raya Purwodadi yang berlokasi di Wilayah II, Lingkungan VI, Vak XXIV.D.98. Spesimen hidup Pisang Kates tersebut dikoleksi Kebun Raya Purwodadi dari wilayah Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Hingga saat ini belum dijumpai kultivar serupa dari daerah lain di Jawa Timur.

 

Pisang Kates ini diketahui merupakan satu group dengan Pisang Pitogo (ABB) dari Filipina dengan karakteristik morfologi yang hampir mirip. Kultivar tersebut cukup populer, dibudidayakan secara komersial di Filipina dan telah terintroduksi ke Hawaii dan sekitar Kepulauan Pasifik lainnya. Sinonim: Platano Higo (‘Fig plantain’), Nilanzon (‘like a langsat fruit’), Enetlog (‘like an egg’) – Filipina; Ugly banana, Ping Pong banana – USA. [Seluruh narasi dan foto: Lia Hapsari]

  

Pisang Kates_Purwodadi Botanic Garden

 


 

 



Lihat juga:
Keci Beling (Hemigraphis alternata)
Curcuma mangga Valeton & Zijp
Alpinia malaccensis (Burm.f.)
Alpinia warburgii K.Schum
Didymoplexis pallens Griff.

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi - LIPI
Jl. Raya Surabaya - Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan - Jawa Timur 67163
Telp. (0343) 615033, Fax. (0341) 426046

Copyright © 2008-2016 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
responsive css boilerplate by Skeleton