Koleksi

Manajemen kegiatan Eksplorasi dan Koleksi tumbuhan

Konservasi dan Koleksi

Lingkup tugas BKT Kebun Raya Purwodadi– LIPI adalah melaksanakan konservasi ex-situ tumbuhan dataran rendah kering.Dalam melaksanakan tugas tersebut BKT Kebun Raya Purwodadi– LIPI, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan eksplorasi tumbuhan dataran rendah kering;
  2. pelaksanaan pengelolaan koleksi tumbuhan dataran rendah kering;
  3. pelaksanaan penelitian dan pengembangan konservasi tumbuhan dataran rendah kering;
  4. pelaksanaan layanan jasa dan informasi; dan
  5. pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

Anggrek

Koleksi Anggrek Kebun Raya Purwodadi berada di  4 (empat) Rumah Kaca. Lokasinya berada di sebelah selatan dari gedung kantor Kebun Raya Purwodadi. Anggrek merupakan suku Orchidaceae.


Bambu

Koleksi tanaman bambu Kebun Raya Purwodadi berasal dari Jawa, Sumatra, Sulawesi atau introduksi dari luar negeri seperti Cina, Jepang dan Thailand. Bambu termasuk ke dalam suku Poaceae. Jenis bambu koleksi Kebun Raya Purwodadi kebanyakan berasal dari marga Bambusa dan Gigantochloa


Polong-polongan

Koleksi polong-polongan Kebun Raya Purwodadi jumlahnya 20 persen  dari koleksi keseluruhan dengan rincian 179 suku dan 989 marga.  Koleksi polong-polongan terbagi menjadi 3 sub famili antara lain MimosaceaeCaesalpinia, dan Papilionaceae.


Paku

Koleksi Paku Kebun Raya Purwodadi berada di Taman Paku. Kebun Raya Purwodadi mempunyai koleksi tanaman paku yang sangat beragam. Jenis-jenis tanaman paku tersebut berasal dari beberapa marga seperti Nephrolepis, Tectaria, Bolbitis, Lygodium, Pteris, Ctenitis, Davallia, Diplazium, Athyrium, dan masih banyak lagi. Ada sekitar 42 marga dan 61 jenis koleksi Paku.


Pisang

Koleksi pisang di Kebun Raya Purwodadi berlokasi di wilayah II, lingkungan VI, vak XXIV A-B-C-D-E. Spesimen koleksi pisang Kebun Raya Purwodadi diperoleh dari sumbangan dan tukar menukar dengan instansi/masyarakat/pribadi serta eksplorasi ke daerah atau hutan dataran rendah di Indonesia, terutama wilayah Indonesia bagian timur.


Tanaman Obat

Koleksi Tanaman Obat tertata sedemikian rupa hingga berfungsi sebagai taman yang menarik untuk dinikmati. Lokasinya berada di Taman Tumbuhan Obat. Koleksinya lebih kurang 137 spesies dan 62 suku.