Vaksinasi Civitas Kebun Raya Purwodadi Untuk Keamanan dan Kenyamanan Layanan Perkebunrayaan

Vaksinasi Civitas Kebun Raya Purwodadi Untuk Keamanan dan Kenyamanan Layanan Perkebunrayaan

Purwodadi, Humas LIPI. Senin-Rabu (7-9/6) pagi bertempat di Puskesmas Purwodadi, civitas Kebun Raya Purwodadi menerima vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini dilakukan bertahap selama tiga hari untuk menghindari kerumunan. Upaya ini sebagai bentuk tindakan preventif penyebaran Covid-19 bagi civitas Kebun Raya Purwodadi.

“Vaksinasi ini direncanakan sudah lama dan baru terealisasi hari ini karena mengikuti kebijakan vaksinasi dari pemerintah Daerah Pasuruan”, jelas Dina Farid Mustofa, Satgas Covid-19 LIPI di Kebun Raya Purwodadi. Lebih lanjut Farid menjelaskan vaksinasi direncanakan akan diikuti oleh seluruh civitas Kebun Raya Purwodadi.

“Kita tidak perlu takut untuk divaksin”, jelas Bayu Adjie, Kepala BKT Kebun Raya Purwodadi – LIPI. Dalam apel konservasi Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – LIPI menegaskan bahwa  justru kita diberikan kesempatan berharga untuk bisa mengikuti vaksinasi program pemerintah, mengingat penyebaran Covid-19 yang belum reda sampai saat ini.

Namun, bagi yang sudah divaksin bukan berarti kita sudah kebal terhadap virus Covid-19. Kita tetap tidak boleh lalai dan harus selalu mematuhi protokol kesehatan dalam lingkungan masyarakat maupun lingkungan kerja kita. Protokol kesehatan harus menjadi budaya baru yang harus terus menerus kita jaga dan lakukan. Vaksinasi merupakan salah satu upaya agar daya tahan tubuh kita meningkat dalam menghadapi ancaman penularan Covid-19.

Sebagai instansi pemerintah yang memberikan layanan perkebunrayaan bagi masyarakat, seluruh staf Kebun Raya Purwodadi harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna layanan perkebunrayaan. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah memberikan vaksinasi kepada seluruh civitas Kebun Raya Purwodadi, baik itu yang berinteraksi langsung dengan pengguna layanan maupun yang tidak berinteraksi secara langsung. Civitas tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan 3M didalam areal Kebun Raya Purwodadi dalam upaya menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberikan rasa aman.

Selain itu, dalam upaya memastikan lingkungan yang aman bagi pengguna layanan dan pemberi layanan perkebunrayaan, satgas covid-19 LIPI di Kebun Raya Purwodadi mewajibkan untuk melampirkan surat hasil tes antigen negatif covid-19 bagi pengguna layanan. Layanan yang dimaksud untuk Praktik Kerja Lapang (PKL), magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), maupun penelitian untuk keamanan dan kenyamanan baik untuk pengguna layanan maupun pendamping dan pembimbing layanan. (SA/ed:FRW)

Share this post