Penelitian Mahasiswa MBKM di Kebun Raya Purwodadi

Penelitian Mahasiswa MBKM di Kebun Raya Purwodadi

Purwodadi. Kebun Raya Purwodadi saat ini telah bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai salah satu universitas yang diberikan kesempatan pertama untuk pelaksanaan MBKM di Kebun Raya Purwodadi.

Berkaitan dengan rangkaian kegiatan MBKM, Kamis (8/4), dua mahasiswa Unsoed didampingi peneliti dari Kebun Raya Purwodadi melaksanakan praktikum lapang. Lokasi yang dipilih berada di Kawasan Obyek Wisata Alam (OWA) Cangar dan Watu Ondo, Tahura R. Soerjo. “Kegiatan ini merupakan lanjutan dari penelitian struktur vegetasi tumbuhan yang sedang dilakukan oleh mahasiswa,”jelas Fauziah, Koordinator Peneliti di Kebun Raya Purwodadi. Fauziah menambahkan, sebelum praktikum di area Cangar dan Watu Ondo, mahasiswa juga telah melakukan praktikum lapang di area arboretum Kebun Raya Purwodadi pada tanggal 23-24 Maret lalu.

Dampak pandemi yang dirasakan mahasiswa adalah mereka tidak dapat melaksanakan praktikum secara langsung di lapang.  Praktikum untuk mengambil data sendiri maupun mempraktekkan teori dan pengetahuan dasar yang didapatkan saat kuliah, seperti saat sebelum pandemi.

Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini, mahasiswa akan mampu melakukan analisis vegetasi dan mengetahui perbedaan struktur vegetasi di area konservasi buatan (Kebun Raya Purwodadi) dan area konservasi alami (Tahura R. Soerjo). Selain itu, mahasiswa diharapkan juga dapat membedakan struktur vegetasi di area dataran tinggi dan dataran rendah. Praktikum lapang yang dilakukan ini juga bertujuan untuk memberikan bekal ilmu sekaligus ketrampilan untuk melakukan analisis vegetasi tumbuhan dalam rangka upaya konservasi diversitas tumbuhan di suatu area sekaligus layanan ekosistem yang dihasilkannya. (FAU/FRW)

Share this post