Lechuguilla

Lechuguilla

Agave maximiliana, yang dikenal secara lokal sebagai Lechuguilla, adalah endemik Meksiko. Tanaman ini dapat ditemukan di lereng berbatu di negara bagian dari Jalisco, Sinaloa, Durango, Nayarit, Colima dan Zacatecas, pada 900–2.000 di atas permukaan laut. Tanaman ini membutuhkan curah hujan tahunan sebesar 750–1.000 mm. Lechuguilla ini juga sering dijumpai di hutan pohon pinus-oak di tanah berkapur atau yang berasal dari batuan beku.

Agave maximiliana adalah tanaman monokarpik dan ukuran sedang.  Susunan daun yang melingkar dan rapat berimpitan (roset)  tunggal abadi, mengepal atau terbuka. Tanaman ini biasanya tidak memiliki reproduksi aseksual. Daunnya lanset lebar, melengkung atau lurus, berbulu lembut, dengan gigi yang berbeda ukuran atau bentuk (heteromorfik) dengan ukuran lebih besar ke arah tengah bagian daun.

Perbungaan malai (paniculate) dengan tinggi 5-8 m dan bercabang. Warna bunga kuning kehijauan. Bunga memiliki panjang 52–65 mm. Buahnya kecil, berbentuk kapsul dengan ukuran panjang 3,5–5 cm, lebar 1,7–2 cm, dan lonjong pendek, berbintik, dengan puncak membulat. Benih berukuran Panjang 5,5–6 mm, lebar 4,5–5 mm, selaput yang melindungi embrio tumbuhan berbiji dan berfungsi sebagai kulit biji (testa) bergelombang, belang-belang halus, dengan sayap pinggir yang terangkat.

Sumber : Toledo, Danae Cabrera, dkk, Morphological and Genetic Variation in Monocultures, Forestry Systems and Wild Populations of Agave maximiliana of Western Mexico: Implications for Its Conservation. Plant Science (frontiersin.org)

Share this post