Century Plant

Century Plant

Agave americana L umumnya dikenal dengan nama Century plant, American aloe, Blue Agave, Spiked Aloe, Flowering Aloe, American Centaury, American Agave, American Century Plant. Tanaman ini disebut century plant karena dapat hidup lama.

Batangnya pendek dan tebal. Roset (susunan daun yang melingkar dan rapat berimpitan) kokoh, tingginya sekitar 1-2 meter dan penyebarannya sekitar 1,8–2,7 meter.

Daunnya tebal dan masif, lanset, dan menyempit di atas pangkal yang menebal yang sering menutupi sebagian besar batang.  Tekstur daunnya halus sampai agak keras. Panjang daun hingga 90-200 cm dan lebar 9-25 cm bahkan bisa lebih dan memiliki duri yang tajam di pinggiran dan ujungnya. Tepi daun bergelombang sampai bergerigi Perbungaan malai (paniculate) agak terbuka dan menyebar.

Perbungaan terlihat seperti tombak asparagus. Bunganya ramping, tegak, panjangnya 6-10 cm, kuning kehijauan biasanya dipasangkan dengan kuncup anak yang tumbuh menyamping. Buah berbentuk Oblong sampai silindris, dan panjangnya 4-5 cm.

Tanaman ini umumnya ditanam sebagai tanaman hias. Menurut literatur jantung tanaman ini sangat kaya akan bahan sakarin dan dapat dimakan dengan cara dipanggang. Rasanya manis dan bergizi, tetapi agak berserat. Bijinya digiling menjadi tepung dan digunakan sebagai pengental dalam sup, atau digunakan dengan tepung sereal saat membuat roti. Tangkai bunga dipanggang, digunakan seperti asparagus. Getah dari batang berbunga yang dipotong digunakan sebagai sirup.

Share this post