ANGGREK HITAM : ANGGREK UNIK YANG DILINDUNGI

ANGGREK HITAM : ANGGREK UNIK YANG DILINDUNGI

 Anggrek hitam yang  eksotis ini memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurata Lindl.  Dinamakan anggrek hitam karena labelumnya  berwarna hitam.  Jenis anggrek dengan pseudobulb yang sangat pipih ini memiliki sepal dan petal yang bewarna hijau. Ciri khas lainnya yaitu anggrek ini mengeluarkan bau semerbak yang wangi.

Distribusi anggrek hitam meliputi Sumatera,  Kalimantan, dan Semenanjung Malaya. Spesies ini tergolong anggrek epifit yang hidup di dataran rendah. Di Sumatera Utara, spesies ini ditemukan di daerah batu kapur pada ketinggian 100 m. 

Anggrek hitam merupakan salah satu spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia karena terancam kepunahan. Populasinya di alam semakin mengalami penurunan. Oleh karena itu, upaya konservasi anggrek hitam sangat diperlukan.

Kebun Raya Purwodadi mempunyai beberapa koleksi Anggrek Hitam. Anggrek Hitam yang dikonservasi oleh Kebun Raya Purwodadi diperoleh dari hasil eksplorasi dan ada pula dari hasil sumbangan. Anggrek Hitam dari Kalimantan Timur yang saat ini sedang berbunga merupakan hasil sumbangan pada tahun 1990 lalu.

Share this post