Dendrobium linearifolium Teijsm.& Binn.

Dendrobium linearifolium Teijsm.& Binn.

Dendrobium linearifolium merupakan salah satu anggrek epifit dari genus Dendrobium. Karakter spesifik daun yang berbentuk linear menyebabkan anggrek ini diberi nama ilmiah Dendrobium linearifoliumLinear = linier dan folium= daun. Spesies ini diklasifikasikan dalam genus Dendrobium di bawah section Rhopalanthe. Karakter mencolok dari spesies-spesies  Dendrobium pada section  Rhopalanthe adalah batang yang menggembung (swollen stems) pada bagian dasar, serta daun yang tumbuh di sepanjang batang dengan helaian daunnya yang tipis. Waktu mekarnya bunga sangat pendek. Ciri-ciri ini dimiliki oleh D. linearifolium.

Karakter anggrek ini secara lebih spesifik meliputi; pseudobulb yang berbentuk oval dan berwarna merah, dengan bagian atas batang tipis dan panjang. Batang, panjangnya dapat mencapai 70 cm, biasanya tumbuh tegak, tapi kadang-kadang menggantung. Daun berbentuk linear dengan ukuran 6 cm x 6 mm (pxl). Daun tumbuh di sepanjang batang dengan jarak antar daun berkisar 2,75 cm. Ukuran bunga ±2,5 cm x 1,7 cm (pxl). Bunga berwarna putih dengan ciri corak garis berwarna merah pada sepal lateralnya. Bibir, pada bagian tengahnya berwarna kuning, dan pada setengah bagian bawahnya terdapat garis-garis merah. Masa mekar bunga pendek, 2-3 hari.

Anggrek ini sangat toleran terhadap cahaya. Sering dijumpai tumbuh subur pada pohon-pohon yang sudah mati dengan cahaya matahari penuh.

Dendrobium linearifolium mempunyai distribusi luas meliputi seluruh bagian daerah Jawa, pada ketinggian 700 – 1800 m. Anggrek ini tumbuh di hutan juga di pohon-pohon pinggir jalan. Anggrek ini juga dijumpai di Sumatera dan Bali.

Ref: J.B. Comber. 1990. Orchids of Java. The Bentham-Moxon Trust, Kew, England; J.B. Comber. 2001. Orchids of Sumatra, Royal Botanic Gardens, Kew, England.

Share this post