Sejarah 53 Tahun LIPI

Sejarah 53 Tahun LIPI

Tanggal 23 Agustus merupakan hari jadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). LIPI yang saat ini berpusat di Jl. Gatot Subroto ini adalah sebuah lembaga riset dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Negara Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KMNRT).

Pembentukan LIPI sendiri memiliki sejarah perjalanan yang panjang dimana pada awal mulanya dinamakan MIPI (Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang sesuai UU No. 6 Tahun 1956 memiliki tugas membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan. Kemudian pada tahun 1962, pemerintah membentuk Departemen Urusan Riset Nasional (DURENAS) dan menempatkan MIPI di dalamnya. Hingga akhirnya pada tahun 1966, status DURENAS berubah menjadi Lembaga Riset Nasional (LEMRENAS). Sejak 23 Agustus 1967, pemerintah membubarkan LEMRENAS dan MIPI dengan SK Presiden RI No. 128 Tahun 1967.

Setelah itu pemerintah membentuk LIPI berdasarkan Keputusan MPRS No18/B/1967 dengan tugas pokok sebagai berikut:
1. Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berakar di Indonesia agar dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya;
2. Mencari kebenaran ilmiah di mana kebebasan ilmiah, kebebasan penelitian serta kebebasan mimbar diakui dan dijamin, sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945;
3. Mempersiapkan pembentukan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (sejak 1991, tugas pokok ini selanjutnya ditangani oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi dengan Keputusan Presiden (Keppres) No. 179 tahun 1991).

Seiring berjalannya waktu tugas pokok dan fungsi serta susunan organisasi LIPI terus mengalami penyesuaian. Saat ini LIPI dipimpin oleh seorang Kepala LIPI, Wakil Kepala LIPI dibantu oleh Sekretariat Utama LIPI yang dibawahnya memiliki 4 Biro (BPK, BKHH, BU dan BOSDM), Inspektorat, Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah, Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan dan Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 5 Kedeputian (Kedeputian IPH, IPSK, IPT, IPK, dan Jasil) dan 38 Satker dengan seribu lebih peneliti di dalamnya.

Kini 53 tahun sudah LIPI berdiri dan semoga dengan bertambahnya umurmu bertambah juga manfaat yang diberikan kepada masyarakat atas hasil-hasil riset dan penelitianmu. Dengan semangat Integritas, Ilmiah, Unggul mari kita bersama-sama menjadikan LIPI semakin berjaya, dan dapat menjadi salah satu lembaga riset yang berkelas dunia. 

Sumber: lipi.go.id

Share this post