KR. Purwodadi LIPI Bersama PT. POMI-PT. Paiton Energy Kembangkan Biodiversity Garden di Kabupaten Probolinggo

KR. Purwodadi LIPI Bersama PT. POMI-PT. Paiton Energy Kembangkan Biodiversity Garden di Kabupaten Probolinggo

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI bekerjasama dengan PT. POMI-PT. Paiton Energy membangun Taman Keanekaragaman Hayati ”Biodiversity Garden” seluas 8000 m2. Taman edukasi tersebut berlokasi di area Perumahan PT. POMI desa Sumberanyar, kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo.

Peresmian Taman Keanekaragaman Hayati ”Biodiversity Garden” oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko pada akhir bulan januari lalu. Peresmian ditandai dengan penanaman pohon bersama oleh Wakil Bupati Probolinggo, perwakilan dari PT. POMI-PT. Paiton Energy, perwakilan staf peneliti dari P2 KTKR-BKT KR.Purwodadi LIPI.

PT. POMI-PT. Paiton Energy menerapkan upaya konservasi pohon langka dan terancan punah dalam membangun Biodiversity Garden. Taman tumbuhan langka, taman tumbuhan buah, taman tumbuhan obat, taman tumbuhan tumbuhan hias, taman tumbuhan hutan rimba campur merupakan tema yang diambil dalam melengkapi koleksi tumbuhan di Taman Keanekaragaman Hayati “Biodiversity Garden” tersebut.

Tujuan dari pembangunan Biodiversity Garden  untuk menyediakan ruang terbuka hijau, di masa depan fasilitas tersebut dapat pula dimanfaatkan sebagai taman pendidikan di Probolinggo, sebagai media pembelajaran bagi pelajar dari berbagai sekolah di Probolinggo.

“Total pohon 6.000 spesimen yang sudah kami tanam di kawasan Biodiversity Garden dan sudah mulai kami perkenalkan ke lembaga-lembaga pendidikan di Kabupaten Probolinggo”, kata Pimpinan PT. Pomi Energi, Bambang Jiwantoro dalam sambutan laporan pada peresmian. Tanaman yang telah ditanam dalam biodiversity garden tersebut terdiri dari : 13 suku yang merupakan tanaman langka, 18 suku yang merupakan tanaman buah, 24 suku yang merupakan tanaman hias, 13 suku yang merupakan tanaman Toga, 24 suku yang merupakan tanaman rimba, 132 suku yang merupakan tanaman umum, sedangkan habitus tanaman yang telah di tanam merupakan tanaman habitus pohon, merambat, herba, semak.

Selain bekerjasama dalam pembangunan taman keanekaragaman hayati, Kebun Raya Purwodadi LIPI dengan PT. POMI-PT. Paiton Energy juga bekerjasama dalam kegiatan penelitian, yang meliputi : Studi floristic, ekologi, stok karbon, citra satelit vegetasi dan tata guna lahan kawasan konservasi in situ yang berlokasi di Selobanteng, Banyuglugur, Tampora dan kawasan PLTU. (Humas & Kerjasama Kawasan Purwodadi).

Share this post