Kebun Raya Purwodadi Peringati Hari Cinta Puspa & Satwa Nasional Tahun 2019 Bersama Stakeholders

Kebun Raya Purwodadi Peringati Hari Cinta Puspa & Satwa Nasional Tahun 2019 Bersama Stakeholders

Malang, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan Universitas Brawijaya menggelar peringatan Hari Cinta Puspa & Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur di Hutan Pendidikan UB Forest milik Universitas Brawijaya Dusun Sumbersari, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang pada hari Minggu (18/11), dengan mengangkat tema ”Membangun Generasi Milenial Cinta Puspa dan Satwa Nasional Untuk Indonesia Unggul”.

Kebun Raya Purwodadi sebagai salah satu Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex Situ yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, mendapatkan kesempatan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Jawa Timur akan pentingnya kegiatan konservasi tumbuhan bagi kehidupan melalui kegiatan pameran dalam peringatan HCPSN tahun 2019.

Beragam tumbuhan langka, buah dan biji yang merupakan koleksi tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi dipamerkan pada acara tersebut menjadi daya tarik serta memberikan pengetahuan bagi para pengunjung.  Kebun Raya Purwodadi juga menampilkan beberapa publikasi hasil penelitian di wilayah Jawa timur yang telah dilakukan oleh para peneliti Kebun Raya Purwodadi antara lain : pubikasi terkait hasil eksplorasi tumbuhan di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur, Publikasi terkait hasil seleksi dan pengembangan keragaman uwi (Dioscorea alata L.) yang masih banyak ditemukan di Jawa Timur dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif.

Gubernur Jawa Timur, Ibu Hj. Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam peringatan tersebut, meresmikan Zona Konservasi Keanekaragaman Hayati JATIM CETTAR seluas 15 Ha yang berada di kawasan UB Forest dan melakukan penanaman pohon Flacourtia rukam Zoll. & Moritzi (rukem) yang merupakan hasil perbanyakan dari tumbuhan koleksi milik Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI. Selain Gubernur Jawa Timur, Bupati Malang dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur serta Rektor Universitas Brawijaya juga menaman 3 jenis pohon antara lain : Schleichera oleosa (Lour.) Merr. (kesambi), Antidesma bunius (L.) (buni), Calophyllum inophyllum L. (nyamplung) yang merupakan hasil perbanyakan dari tumbuhan koleksi milik Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI.

Melalui peran aktif Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI di bidang Konservasi Tumbuhan Ex Situ dan Penelitian Keanekaragaman Hayati dalam berbagai kegiatan yang dihelat oleh para stakeholder di wilayah Jawa Timur, diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi kelestarian lingkungan dan kelestarian puspa di Jawa Timur. (MYA/FRW)

Share this post