Kebun Raya Purwodadi Bersama Pemerintah Daerah Kuatkan Program Sekolah Adiwiyata & Karakter Siswa Peduli Lingkungan

Kebun Raya Purwodadi Bersama Pemerintah Daerah Kuatkan Program Sekolah Adiwiyata & Karakter Siswa Peduli Lingkungan

Purwosari, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten & Kota Pasuruan, MGMP Biologi Kabupaten & Kota Pasuruan dan SMA Negeri 1 Purwosari  menyelenggarakan, kegiatan ”Penguatan Program Sekolah Adiwiyata & Karakter Siswa Peduli Lingkungan Melalui Pelatihan Identifikasi Tumbuhan dan Pembuatan Herbarium”, yang bertempat di SMA Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan pada Rabu (27/11). Kegiatan dibuka oleh Ibu Dr. Hj. Indah Yudiani, M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman siswa di Provinsi Jawa Timur terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, seiring dengan meningkatnya sekolah yang berpredikat sebagai sekolah Adiwiyata di Provinsi Jawa Timur yang berbasis pada  pembangunan karakter peduli lingkungan.

“Terima kasih kepada satuan kerja LIPI di Jawa Timur yang telah bersedia bertukar informasi terkait ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangannya” arahan yang disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten & Kota Pasuruan saat membuka kegiatan.

“Kebun Raya Purwodadi di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia terbuka bagi Lembaga Pendidikan di Provinsi Jawa Timur yang berkeinginan untuk memanfaatkan Kebun Raya Purwodadi sebagai sumber penunjang pembelajaran bagi siswa”, terang Dr. Bayu Adjie, M.Sc Kepala Kebun Raya Purwodadi dalam sambutannya.  Lebih lanjut disampaikan bahwa Kebun Raya Purwodadi juga membuka akses kepada berbagai instansi pemerintah dan industri untuk berkolaborasi dalam mengembangkan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selama kegiatan, peserta yang terdiri dari para guru dan siswa setingkat sekolah menengah atas memperoleh materi mengenai : Pelestarian Lingkungan dan Peduli Lingkungan, Pengenalan Kegiatan Pendidikan Lingkungan di Kebun Raya, Pengenalan Teknik dan Praktek Identifikasi Tumbuhan, Pengenalan Teknik dan Praktek Pembuatan Herbarium Basah & Kering.  

Materi  Pengenalan Teknik dan Praktek Identifikasi Tumbuhan serta Pengenalan Teknik dan Praktek Pembuatan Herbarium Basah & Kering yang disampaikan oleh 2 orang teknisi dari Kebun Raya Purwodadi, Bapak Edi Suroto dan Bapak Matrani menjadi perhatian khusus dari para peserta. Kedua pemateri mengenalkan dasar-dasar ilmu tumbuhan dan pengklasifikasiannya serta proses dan cara sederhana pembuatan herbarium basah dan kering dengan bahan dan alat sederhana.

Salah satu peserta yang merupakan seorang siswa dari SMA Negeri 1 Purwosari mengutarakan bahwa kedua materi tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi dirinya dan teman-temannya sebagai penunjang dalam proses pembelajaran biologi di bangku sekolah.(MYA/FRW)

Share this post