Gedung Informasi Perkebunrayaan, Sarana Diseminasi Iptek LIPI Di Jawa Timur

Gedung Informasi Perkebunrayaan, Sarana Diseminasi Iptek LIPI Di Jawa Timur

Purwodadi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi meresmikan pembukaan Gedung Informasi Perkebunrayaan sebagai salah satu wahana untuk mendiseminasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di wilayah Jawa bagian Timur. Gedung tersebut berisi informasi mengenai tugas dan fungsi Kebun Raya sebagai lembaga konservasi tumbuhan secara ex situ.

Megulas tentang potensi Kebun Raya sebagai kawasan konservasi tumbuhan ex situ yang memiliki berbagai macam koleksi tumbuhan sebagai media pembelajaran mengenai keanekaraman hayati Indonesia bagi masyarakat. Pengenalan kegiatan eksplorasi tumbuhan yang sebagai tugas yang diemban oleh Kebun Raya, dikemas apik dalam diorama yang menyuguhkan gambaran mengenai standart operasional prosedur pelaksanaan kegiatan eksplorasi tumbuhan dan kelengkapan peralatan yang digunakan dalam kegiatan tersebut.

Koleksi buah dan biji yang menjadi kekuatan utama dari Kebun Raya Purwodadi turut ditampilkan dalam diorama koleksi buah dan biji yang ditempelkan dalam miniatur reog ponorogo sebagai salah satu kesenian tradisional khas Jawa Timur dan miniatur sayap. Spesimen herbarium koleksi Kebun Raya Purwodadi juga turut ditampilkan sebagai daya tarik bagi pengunjung Kebun Raya Purwodadi.

Tak hanya display dalam bentuk diorama, di dalam GIP juga terdapat display dalam bentuk banner yang menginformasikan mengenai hasil kegiatan eksplorasi tumbuhan yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi. Di tengah gedung GIP terdapat ruangan yang difungsikan sebagai Ruang Pertunjukan untuk memutar video profile Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan video profile Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi serta video-video diseminasi hasil penelitian dan pengembangan satuan kerja di Lingkungan lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 “Gedung Informasi Perkebunrayaan saya harap akan memberikan warna baru dalam upaya menyampaikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan perkebunrayaan dan mendiseminasikan hasil penelitian dan pengembangan dari satuan kerja di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia serta menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi:, sambutan Deden Mudiana, S.Hut, M.Si Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi pada seremonial pembukaan. (MYA/FRW)

Share this post