Eksotisme Buah-buahan Koleksi Kebun Raya Purwodadi Menarik Minat Masyarakat Banyuwangi

Eksotisme Buah-buahan Koleksi Kebun Raya Purwodadi Menarik Minat Masyarakat Banyuwangi

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi yang merupakan salah satu satuan kerja LIPI turut serta terlibat dalam kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional atau yang biasa disingkat PIRN ke XVIII di Banyuwangi. Senin (24/6) PIRN resmi dibuka oleh Settama LIPI, Bupati Banyuwangi beserta jajaran Kepala Dinas Kabupaten Banyuwangi. 

Rangkaian pembukaan PIRN ke XVIII dilakukan penanaman bibit tanaman oleh peserta dari perwakilan masing-masing Propinsi sebanyak 38 jenis bibit tanaman langka ditanam. Pada hari Selasa (25/6) sebanyak 2 jenis lagi ditanam oleh Kepala LIPI dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

Dalam kegiatan PIRN selain pembelajaran di dalam kelas dan lapangan juga diselenggarakan diseminasi informasi melalui kegiatan pameran. Ibu Sestama, Nur Tri Aries Suestiningtyas dan Bapak Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berkesempatan meninjau stand pameran LIPI. 

Dalam pameran tersebut salah satunya ditampilkan buah-buahan eksotik koleksi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi. Mayoritas pengunjung stand pameran LIPI tertarik dan penasaran dengan buah-buahan tersebut, ada yang baru pertama kali melihatnya, dan adapula yang pernah mendengar namanya tapi tidak mengetahui buahnya.

Diseminasi informasi melalui kegiatan pameran diharapkan dapat mendekatkan LIPI dengan masyarakat dan semakin mengenal tugas dan fungsi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun  Raya Purwodadi sebagai satuan kerja LIPI dalam bidang konservasi flora.(FRW)

Share this post